GAYA MENGAJAR BAHASA ARAB YANG ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS DI SDIT BAIT ADZKIA
Keywords:
Bahasa ArabAbstract
Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat sekolah dasar memerlukan pendekatan yang adaptif dan menyenangkan. Program pengabdian ini menggali strategi pengajaran seorang guru Bahasa Arab di SDIT Bait Adzkia, dengan fokus pada teknik untuk kelas rendah (1–3) dan kelas atas (4–6). Untuk kelas rendah, guru memanfaatkan lagu, permainan, dan visualisasi untuk membangun keterampilan mendengar dan penguasaan kosakata. Untuk kelas atas, pendekatan bergeser ke konsep materi seperti tasrif dan struktur kalimat dengan kegiatan yang lebih terstruktur seperti menulis dan latihan gramatikal. Penggunaan metode langsung dan pendekatan komunikatif menjadi dominan. Studi ini mengkonfirmasi penelitian sebelumnya bahwa integrasi media audio-visual meningkatkan perolehan bahasa dan motivasi belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pengajaran adaptif mampu menjembatani keterampilan dan memberikan pengalaman belajar yang efektif sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
References
Ahmad, F. S., Zaid, A. H. Bin, & Ruchamainnisaa, T. (2022). Teaching materials design for muhadatsah lesson. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v5i3.15501
Anastasya, D. S. (2024). Meningkatkan keterampilan menulis deskriptif di sekolah dasar melalui model pemetaan pikiran: Sebuah studi kuasi-eksperimental. Lebah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 18(1), 11–18. https://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/234/186
Aulia, N. A. R. (2024). Penggunaan kurikulum Bahasa Arab “ISMUBA” di SD Muhammadiyah Banjarmasin. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2, 22–27. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2163
Azizah, H. (2022). Implementation of Bithoqoh al-Mufradat language game media in Arabic vocabulary learning for class V SDIT Al-Khairaat Yogyakarta. Jurnal JUDIK, 2(2). https://doi.org/10.54076/judik.v2i02.262
Azizah, A. K., Mukarromah, F., & Ainiy, N. (2024). The influence of pesantren educational background on Arabic language competence of students in Islamic higher education. Journal of Arabic Language Learning and Teaching (JALLT), 1(2), 75–84. https://doi.org/10.23971/jallt.v1i2.143
Bakri, M. A. (2017). Metode langsung (direct method) dalam pengajaran bahasa Arab. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26499/maraji.v1i1.34
Chan, S., & Lo, N. (2024). Enhancing EFL/ESL instruction through gamification: A comprehensive review of empirical evidence. Frontiers in Education. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1395155
Enramika, T., & Putra, Y. A. (2025). Kolaborasi metode game-based learning dan media Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Arab di era digital. Jurnal Edu Research, 6(1). https://doi.org/10.47827/jer.v6i1.402
Haitsumakunti, I., Rahmawati, L., & Syafitri, D. (2025). Mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab dengan pendekatan game-based learning dalam penguasaan tata bahasa Arab. Jurnal El-Fusha, 6(1). https://doi.org/10.33752/el-fusha.v6i1.7684
Kilmatuna. (2024). Model pembelajaran game-based learning terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1). https://doi.org/10.55352/pba.v4i1.843
Kuswoyo. (2024). Game-based learning: Cara menyenangkan belajar Bahasa Arab di era digital. Jurnal El-Wasathiya, 12(2). https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v12i2.6042
Mapu, M. R. (2023). Efektivitas penggunaan media audio visual pembelajaran Bahasa Arab pada penguasaan mufradāt di MTs Alkhairaat Uemalingku Ampana Kota (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2686
Maulana, M. R., Ridha, Z., & Ahmed, B. M. B. (2024). Language environment on speaking skills training in Islamic middle school. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 8(2), 617–640. https://doi.org/10.29240/jba.v8i2.10962
Mubaligh, A., Sari, R. R., & Novitasari, E. D. (2023). Improving Arabic speaking skills strategies for Islamic boarding school students. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(3), 227–241. https://doi.org/10.22219/jiz.v5i3.21716
Mufidah, N. (2019). Pengajaran bahasa Arab menyenangkan dengan media lagu untuk Madrasah Ibtidaiyah. Al-Mudarris: Journal of Education, 2(2), 166–185. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i2.277
Suhaimi, I. (2017). Memberdayakan kecerdasan kinestetik anak untuk budaya literasi bahasa. E-Jurnal Kredo, 1(1), 74. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1754
Sumanti, C. T., & Muljani, R. (2021). Parents’ involvement and its effects on English young learners’ self-efficacy. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 8(1), 78–89. https://doi.org/10.22219/celtic.v8i1.14632
Ulya, Z., Wahdah, N., & Marsiah, M. (2024). Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat pada siswa madrasah ibtidaiyah di Indonesia. Al-Af’idah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 8(1), 318–332. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v8i1.2628
Qibtiyah, M., & Walfajri, W. (2020). Pengajaran bahasa Arab menggunakan media gambar bergerak untuk meningkatkan penguasaan kosakata. An Nabighoh, 22(1), 71–86. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.2076
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laili Romadhoni, Fatikhatul Aulia, kemal syarif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.