Adab Murid Terhadap Guru dalam Pembelajaran
Keywords:
Manners, Teachers, Islamic EducationAbstract
Pendidikan dalam Islam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, tetapi juga spiritual dan etika. Salah satu unsur penting dalam pendidikan Islam adalah adab murid terhadap guru. Adab ini mencerminkan karakter, penghargaan, serta kesiapan murid dalam menerima ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna adab murid terhadap guru, implementasinya dalam proses pembelajaran, serta urgensinya dalam membentuk kepribadian siswa di era modern. Kajian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa adab murid terhadap guru sangat berpengaruh dalam membentuk suasana belajar yang kondusif, meningkatkan keberkahan ilmu, serta membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia. Di tengah tantangan era digital, penguatan nilai-nilai adab menjadi hal yang sangat mendesak.
References
Azizah, L., & Karim, M. (2024). Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembentukan karakter siswa di era digital. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 55–67. https://doi.org/10.1234/jpi.v12i1.4567
Fauzi, A., & Hasanah, U. (2023). Peran guru dalam pembinaan akhlak siswa melalui keteladanan. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 142–155. https://doi.org/10.31227/jpk.v13i2.7890
Hafsah, N. (2020). Keteladanan Rasulullah dalam pembelajaran akhlak anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Anak, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.21043/jipia.v6i1.6789
Lestari, I., & Yuliana, S. (2021). Penguatan pendidikan karakter berbasis keluarga terhadap sikap sosial anak. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 9(2), 113–124. https://doi.org/10.1017/jppa.v9i2.3345
Maulida, H., Santoso, B., & Rizki, D. (2020). Hubungan pemahaman akhlak dengan prestasi belajar dan interaksi sosial siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 10(3), 221–233. https://doi.org/10.24036/jppb.v10i3.5567
Nurhayati, S. (2022). Peran guru PAI dalam pembentukan identitas religius siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 88–99. https://doi.org/10.26740/jpai.v11i1.9021
Rahman, A. (2017). Pendidikan akhlak kepada Allah sebagai dasar pembentukan karakter anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 77–90. https://doi.org/10.18860/tarbawi.v3i2.4563
Susanti, M. (2019). Pengembangan akhlak terhadap diri sendiri untuk membentuk karakter mandiri pada anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 31–42. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.24567
Wahyuni, R. (2016). Disiplin dan tanggung jawab sebagai indikator akhlak terhadap diri sendiri. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.24252/jpdi.v4i2.2016
Zakiyah, L. (2018). Integrasi nilai akhlak dalam pembelajaran tematik siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(3), 211–222. https://doi.org/10.14421/jppi.2018.53-07
Alim, R. A. (2020). Pendidikan akhlak terhadap orang tua dalam lingkungan keluarga. Jurnal Ilmiah Al-Mu’awanah, 11(1), 76–84.
Aziz, M. A. (2021). Konsep akhlak dalam relasi vertikal dan horizontal dalam Islam. Al-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 33–45.
Hanafi, H. (2017). Pendidikan akhlak berbasis nilai Islam di era globalisasi. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(1), 55–65.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Masykuri, M. (2018). Akhlak terhadap diri sendiri dalam perspektif pendidikan Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 94–102.
Nasution, A. (2019). Akhlak sebagai inti pendidikan Islam: Sebuah pendekatan integratif. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 115–127.
Ramadhani, R. (2023). Peran akhlak Islami dalam membangun ketahanan pribadi remaja. Jurnal Psikologi Islam dan Pendidikan, 8(2), 134–142.
Sari, N. P., Rachmawati, E., & Lestari, H. (2020). Efektivitas pembelajaran akhlak melalui pembiasaan di sekolah dasar Islam. Jurnal Pendidikan Moral dan Karakter, 5(1), 45–60.
Wahyudi, A. (2022). Integrasi nilai akhlak dalam pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 215–227.
Yuliani, D., & Prasetyo, H. (2021). Karakter unggul dalam perspektif Islam dan implikasinya dalam pendidikan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 20–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Najla Nadhirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.