MOTIVASI BELAJAR MAHARAH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DIGITAL DI MAS TAHFIDZ ROKAN HULU

Authors

  • Rina Ristiyani Pendidikan Bahasa Arab, Institut Sains Al-Qur’an Syekh Ibrahim, Pasir Pengaraian, Indonesia
  • Rizka Sari Pendidikan Bahasa Arab, Institut Sains Al-Qur’an Syekh Ibrahim, Pasir Pengaraian, Indonesia
  • Siti Kholifah Pendidikan Bahasa Arab, Institut Sains Al-Qur’an Syekh Ibrahim, Pasir Pengaraian, Indonesia

Keywords:

Digital Media, Motivasi Belajar, Maharah Kalām

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam menguasai maharah kalām (keterampilan berbicara) bahasa Arab di MAS Tahfidz Rokan Hulu serta mengeksplorasi peran media digital dalam menunjang pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi fenomenologis. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa terbentuk melalui faktor intrinsik, seperti keinginan untuk menjadi pendakwah atau melanjutkan studi ke pesantren, serta faktor ekstrinsik seperti penggunaan media digital, pujian, dan penghargaan. Media digital seperti video animasi, audio percakapan, dan aplikasi berbasis audio-visual terbukti dapat meningkatkan partisipasi aktif dan keberanian siswa dalam berbicara. Namun, kendala yang ditemukan mencakup keterbatasan perangkat digital, akses internet yang tidak stabil, dan penguasaan kosakata yang masih terbatas. Strategi guru yang efektif, seperti pembentukan kelompok kecil, pemberian contoh langsung, dan pendekatan kontekstual, menjadi kunci dalam menumbuhkan motivasi belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran maharah kalām akan lebih efektif jika dipadukan dengan pendekatan komunikatif dan teknologi digital secara adaptif dan sistematis.

References

Al-Ghozali, M. D. H., & Ramadhan, D. C. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Maharah Kalam Berbasis Teori Konstruktivesme Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dinamika : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 19–40. https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1261

Asri, P., & Manik, Y. M. (2023). Guru sebagai Media Sekaligus Penggerak Pembelajaran. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 178–182. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2387

Basyaev, M. H., Diens, N. A. A., & Suwandi, M. F. K. (2021). Implementasi pembelajaran dengan teknologi video based learning. Inovasi Kurikulum, 18(1), 82–94.

Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=MtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=kualitatif+fenomenologi&ots=_xBnudhgMW&sig=I4HUAX2bSFeSdXpVaUUDNiaREJo

Hasibuan, T. Y. D., & Zainuddin, D. (2024). Learning Arabic Language with Audio Lingual Media to Improve Speaking Ability at SMP IT al Hijrah 2 Medan. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 7(2), 308–322. https://doi.org/10.31538/alsuna.v7i2.6245

Joana, C., Yuri, J., & Crosbie, K. (2023). The Study of Arabic Conversation Skills was carried out at elementary school. Lingeduca: Journal of Language and Education Studies, 2(1), 50–64.

Lailaturrohmah, L. (2023). اسلوب التعلم القائم على المشروعات في مهارة الكلام في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية: باسوروان [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44931

Mabruroh, H., & Alam, F. N. S. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Siswa Untuk Meningkatkan Maharah Kalam. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 2(1), 1–12.

Makfiro, N., Fithriyah, A., & Mustofa, S. (2024). Eksplorasi Motivasi Belajar Bahasa Arab Menggunakan Video pada Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Arab. Borneo Journal of Language and Education, 4(2), 275–288.

Masyitah, S., Sari, R., Saputra, H. Y., Ilham, M., & Bako, F. M. (2025). Motivasi Belajar Mufradat dengan Metode Ceramah (Studi Kasus Kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu). Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 18731–18736.

Mayer, R. E. (2005). Cognitive theory of multimedia learning. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, 41(1), 31–48.

M.Pd.I, N. L. I., S. Pd I. (n.d.). Pendidikan Bahasa Arab: Konsep Teori dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Muhammadiyah University Press.

Muhabba, I. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Barru. Shaut al Arabiyyah, 13(1). https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/article/view/39403

Nuraini, A. F. D., & Kusaeri, K. (2025). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Indonesia. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.33087/phi.v9i1.439

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67.

Sari, R., & Kholifah, S. (2025). Dampak Rekonstruksi Kurikulum Bahasa Arab terhadap Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Istima’. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab, 8(1), 900–908.

Sari, R., & Sidik, A. (2025). Digital Media Innovation For Istima’Teaching In Arabic Language Education: Literature Study. Al-Himam: Jurnal Ilmu Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 40–72.

Skehan, P. (2009). Modelling Second Language Performance: Integrating Complexity, Accuracy, Fluency, and Lexis. Applied Linguistics, 30(4), 510–532. https://doi.org/10.1093/applin/amp047

Susanti, D., Putra, A. S., & Aisyah, N. (2022). Improving Students’speaking Skills Motivation Using Youtube Video And Role Play. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(9), 1303–1310.

Susiawati, W. (2015). Lafazh Dan Makna Dalam Perspektif Pemikiran Linguistik Ibn Jinni. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2). https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2133

Syamsudin, S., Budianto, L., Prihadi, K. D., Susanto, D., Rohman, A., Kholil, A., & Firdousi, M. A. (2025). Digital media’s role in overcoming anxiety, enhancing linguistic elements and fostering motivation for developing speaking skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 14(2), 1379. https://doi.org/10.11591/ijere.v14i2.31931

Vygotsky, L. S., & Cole, M. (1978). Mind in society: Development of higher psychological processes. Harvard university press. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=RxjjUefze_oC&oi=fnd&pg=PA1&dq=vygotsky+1978+Mind+in+Society&ots=okAWS3m2aq&sig=_N1aeleUOb4nejbbWY2B1Ntpn3U

Waqhidah, U., & Fardani, D. N. (2024). Ilmu Kalam Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Menjawab Problematika Keislaman Kontemporer. Journal Central Publisher, 2(7), 2275–2282.

أوليا, ع. (2016). إستراتيجيات تعليم مهارة الكلام لطلبة قسم تعليم اللغة العربية للمستوى الأول في جامعة كديري الإسلامية الحكومية. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 41–60. https://doi.org/10.21274/tadris.2016.4.2.41-60

Downloads

Published

2025-07-14

Issue

Section

Articles