MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM ANTARA PEMBAHARUAN KURIKULUM DAN PELESTARIAN NILAI-NILAI TRADISIONAL

Authors

  • Muhammad Yusuf Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Muh. Akbar Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Amril Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Andi Achmad Syam Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Hanifah Hanan Zahidah Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

Keywords:

Modernisasi Pendidikan Islam, Pembaruan Kurikulum, Nilai Tradisional

Abstract

Penelitian ini membahas dinamika modernisasi pendidikan Islam yang berfokus pada pembaruan kurikulum dan pelestarian nilai-nilai tradisional. Modernisasi pendidikan Islam menjadi kebutuhan strategis dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan zaman, yang menuntut lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dan keterampilan abad ke-21 tanpa mengabaikan nilai-nilai keislaman. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan untuk menganalisis literatur, dokumen kebijakan, dan hasil penelitian terdahulu terkait modernisasi pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembaruan kurikulum yang adaptif dan inovatif dapat meningkatkan relevansi pendidikan Islam, sementara pelestarian nilai-nilai tradisional seperti adab, akhlak, dan kearifan lokal tetap menjadi fondasi moral dan spiritual yang harus dijaga. Keberhasilan modernisasi sangat bergantung pada peran tenaga pendidik sebagai agen perubahan sekaligus penjaga nilai, serta sinergi antara berbagai pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang inklusif dan responsif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modernisasi pendidikan Islam bukanlah proses yang menghilangkan tradisi, melainkan sebuah upaya integratif yang mengharmonisasikan inovasi dan konservasi nilai untuk menghasilkan generasi muslim yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan

References

Aminuddin, M. Y. (2025). DIMENSI KEBIJAKAN STRATEGIS TRANSFORMATIF PENDIDIKAN MADRASAH DAN PERGURUAN TINGGI ISLAM ( Studi Fenomenologi Kebijakan Kementerian Agama Indonesia ). TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 8(1), 24–41.

Andini, R., & Sirozi, M. (2024). Integrasi Kearifan Lokal dalam Perencanaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. 4(3), 465–471. https://doi.org/http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Andirasdini, I. F., & Delfiza, M. V. (2023). Urgensi Islamisasi Pengetahuan Dalam Era Modernisasi. Jurnal Penelitian Agama, 24(2), 255–264. https://doi.org/10.24090/jpa.v24i2.2023.pp255-264

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N. U. R., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., & Waris, L. (2022). Metodologi penelitian kualitatif.

Imelda Meyvita. (2025). MEMBANGUN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYAMBUT PENDIDIKAN BERKUALITAS. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 212–231.

Lubis, A. H. (2025). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dan Muhammad Abduh. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4, 1–5. https://doi.org/https://jpion.org/index.php/jpi

Mubarok, M. K. (2020). KONSTRUKSI FILOSOFI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL NASIONAL. Al-Mabsut, 14(1), 55–64.

Natasya, M. (2025). Kompetensi Pendidik Dan Konvensionalisme Guru: Antara Inovasi Dan Tradisi. Journal of Sustainable Education (JOSE), 2(2), 160–172. https://doi.org/https://el-emir.com/index.php/jose KOMPETENSI

Oskar, R. (2025). Guru Sebagai Fasilitator Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam Dalam Konteks Masyarakat Global 5 . 0. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 5(1), 478–484. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i3.1089

Rahmawati, N. A. (2023). Tantangan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Kontemporer Pada Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Human And Education, 3(4), 34–44.

Rizka Septia, Fisman Bedi, T. A. F. (2024). Strategi Pendidikan Islam Di Era Modernisasi: Integrasi Nilai- Nilai Keislaman Dengan Keterampilan Abad 21 Dan Teknologi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 322–332.

Susandi, A. (2025). Relevansi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi Digital Menuju Generasi Indonesia Emas 2045. Journal of Nusantara Education, 4(2), 107–117. https://doi.org/https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.148

Syafruddin. (2025). INTEGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL. Kreatif, 23(2), 135–144. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1851

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Downloads

Published

2025-07-14

Issue

Section

Articles