KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BULANGO TIMUR KABUPATEN BONE BOLANGO
Keywords:
Kompetensi Kepribadian, Guru PAI, Karakter Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Kompetensi kepribadian guru menjadi faktor kunci dalam mewujudkan pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan materi agama, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter Islami seperti religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran strategis sebagai pendidik, motivator, dan teladan dalam pembentukan karakter peserta didik. Namun, efektivitas peran ini dipengaruhi oleh faktor pendukung seperti dukungan lingkungan sekolah, pelatihan berkelanjutan, dan kepribadian guru yang mantap, serta faktor penghambat seperti beban administratif, kurangnya motivasi, dan keterbatasan metode pengajaran. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kompetensi kepribadian guru PAI secara berkelanjutan untuk memperkuat pendidikan karakter di sekolah
References
AAGP Semadi, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Intergralistik’, Seminar Nasional Arsitektur, Budaya Dan Lingkungan Binaan (SEMARAYANA#1), 13.2 (2019), pp. 223–32.
Abdul Rahman Saleh, ‘Pengertian, Manfaat, Dan Kelebihan Perpustakaan Digital’, 1945, 1–43.
Annisa Rizky Fadilla and Putri Ayu Wulandari, ‘Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan D’, 1.3 (2023), 34–46.
Dian Satria Charismana, Heri Retnawati, and Happri Novriza Setya Dhewantoro, ‘Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta’, Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9.2 (2022), pp. 99–113.
Hidayat, Rahmat, Muhammad Sarbini, and Ali Maulida. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor." Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 1.1B (2018): 146-157.
Jurnal Inovasi, Penelitian Ilmu, and Pendidikan Indonesia, ‘Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru PAUD Perspektif Teori Tipologi Kepribadian Hippocrates Galenus Dan Perspektif Kepribadian Islam’, 1 (2024), pp. 43–56.
M. Makbul, ‘Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian’, Pharmacognosy Magazine, 75.17 (2021), Pp. 399–405.
Na’im Fadhilah and Deswalantri Deswalantri, ‘Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.3 (2022), pp. 13525–34.
Ni’matul Choirunnisa and others, ‘Pendampingan Pendidikan Karakter Santri SMP An-Nahdloh Melalui Permainan Tradisional Budaya Indonesia’, Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2023, pp. 119–27..
Novitasari Lenny, ‘E-Book Sebagai Literasi Digital ( Studi Media Aplikasi IMartapura Terhadap Minat Baca Masyarakat Kabupaten Banjar )’.
Sarosa, Samiaji. Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius, 2021.
Syaik Abdillah and Ikbal Munawar, ‘Implikasi Kompetensi Kepribadian Guru Pai Terhadap Peningkatan Kesalehan Sosial Peserta Didik’, Jurnal MASAGI, 02.01 (2023), pp. 1–12,.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Sahrani S. Taim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.