PEMBUDAYAAN AKHLAK MULIA SEBAGAI UPAYA TERHADAP KEHARMONISAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 7 TABONGO
Keywords:
Akhlak Mulia, Keharmonisan Belajar, Pembudayaan, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembudayaan akhlak mulia dan dampaknya terhadap keharmonisan belajar peserta didik di SDN 7 Tabongo. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembudayaan akhlak mulia dilaksanakan melalui program-program keagamaan seperti shalat duha, kultum pagi, dan shalat dzuhur berjamaah. Program ini secara signifikan membentuk karakter peserta didik dan menciptakan suasana belajar yang harmonis, baik antar peserta didik maupun antara peserta didik dan guru. Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti kurangnya kedisiplinan sebagian peserta didik dalam mengikuti kegiatan ibadah secara konsisten. Kesimpulannya, pembudayaan akhlak mulia merupakan upaya strategis dalam membentuk keharmonisan belajar di lingkungan sekolah dasar.
References
Agus Purnomo, “Pengaruh Keharmonisan Dan Pendapatan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 2 Surakarta Semester I Tahun Ajaran 2005-2006" (Skripsi,Universitas Muhamadiyah Surakarta,2006.)
Arief Pratama Atmajaya, ‘Penerapan Diskon Melalui Pembayaran Gopay Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam: Studi Kasus Seblak Indoleta Tejo Agung Metro Timur Lampung’, Jurnal Ekonomi Syariah , 2021.
Hasil Observasi Di Sekolah Sdn 7 Tabongo
M.Makbul ‘Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen {Penelitian’, Pharmacognosy Magazine, 75.17 (2021), h. 399–405.
Rafiqi Zul Hilmi, Ratih Hurriyati, And Lisnawati, “Keharmonisan Keluarga Dan Pengaruhnya Terhadap Pengamalan Agama Anak Di Gampong Beurawe Banda Aceh” 3, No. 2 (2018): h. 91–102.
Ririn Handayani, Pendekatan Kualitatif Stambol A. Mappasere, Naila Suyuti, Bandung, 2020.
Selly Sylviyanah, ‘Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Al-Rahman)’, TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, vol.1, no.1 (2019), h. 53.
Sri Haryati, ‘Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 (FKIP-UTM)’, Karakter, vol. 19.No.2 (2017), h. 259–68.
Suprayogo, Imam, and Tobroni, ‘Metodelogi Penelitian Agama’, Metodologi Penelitian, 2014,h. 102.
Sutanto Priyo HASTONO, ‘Anallisis Data’, 2006, h. 1–212.
Sy Rohana, ‘Urgensi Akhlak Seorang Pendidik’, Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9.2 (2018), pp. 183–94.
V. Wiratna Sujarweni, ‘Metodologi Penelitian’, PT. Rineka Cipta, Cet.XII)an Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, Cet.XII), 2014, h. 107.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutia Septiani Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.