PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM PEMAHAMAN MATERI SKI PADA PESERTA DIDIK DI MA NURUL IHSAN KABUPATEN BUOL
Keywords:
Media Sosial, Facebook, Pembelajaran SKI, Video Pembelajaran, Literasi DigitalAbstract
Pemanfaatan Facebook sebagai media sosial untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Nurul Ihsan Kabupaten Buol dibahas dalam penelitian ini. Media sosial seperti Facebook memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pendidikan, khususnya sebagai media pembelajaran interaktif, dan tidak hanya digunakan untuk hiburan di era digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Facebook dimanfaatkan sebagai media pembelajaran SKI dan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Temuan studi ini menunjukkan bahwa penggunaan Facebook, khususnya saat siswa membuat dan berbagi video pembelajaran, dapat meningkatkan pemahaman materi pelajaran sekaligus meningkatkan kreativitas, literasi digital, dan literasi Islam. Namun, masih ada masalah yang harus diselesaikan, seperti fasilitas yang tidak memadai, pengawasan konten, dan kurangnya pelatihan teknologi bagi guru
References
Ahmad, Ahmad; Muslimah, Muslimah. Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. In: Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS). 2021.
Amelia, Nurul; Aisya, Nadia. Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dan penerapannya pada anak usia dini di TK IT Al-Farabi. Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2021, Vol 1. No 2, h. 181-199.
Ardhia, Annisa Nur. Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Dakwah Di Era Digital di Kalangan Milenial. Riset Kpi Antasari, 2024, 1.1.
Ardyan, Elia, et al. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi,Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainya,( Jakarta: Kencana , 2017),h. 118.
Dwistia, Halen, Et Al. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2022.
Ikhsan, M., Et Al. Dinamika Media Sosial Dalam Mempengaruhi Pendidikan Agama Islam. Durrun Nafis: Jurnal Ilmu Pendidikan Agama Islam, 2024, Vol 1. No 1, h. 1-12.
Manurung, Kosma. Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi. Filadelfia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2022, Vol 3. No 1, h. 285-300.
Ramadhani, Sari; RAHMAD, Rudika; ABDULLAH, Abdullah. Analisis Niat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2021, Vol 5. No 3, h. 10-19.
Sari, Firda. Bab 3 Teknologi Pendidikan & Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam, h. 25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Munifa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.