PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL-FALAH LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO
Keywords:
Media Audio Visual, Keterampilan BerpikirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan berpikir siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Falah Limboto Barat. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir siswa serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran inovatif oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana. Sampel penelitian sebanyak 33 siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes keterampilan berpikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan media audio visual terhadap keterampilan berpikir siswa, ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 37,1%. Ini mengindikasikan bahwa media audio visual berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis siswa. Oleh karena itu, penggunaan media ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang inovatif dalam mata pelajaran SKI.
References
Abdur Rahim Siti Jubaedah, “Pemanfaatan Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Haurgeulis,” Penelitian Multidisiplin Ilmu 1, No. 2 (2022): H.74.
Cecep Abdul Muhlis Suja’i And Nina Nur Sholehah, “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Miftahul Huda Babakan Tengah,” Jurnal Pendidikan Islam 5, No. 1 (2024): H.304.
Muchlish Anshori, Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2 (Surabaya: Airlangga University, 2021) h. 14.
Raito And Ismi Ismatul Hayah, “Pengaruh Bahan Ajar Audio-Visual Aids ( Ava ) Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa,” Jurnal Masagi, No. C (2023): 3, Https://Doi.Org/10.37968/Masagi.V2i2.564.
Sefrin Siang Tangkearung, Iindarda S Panggalo, And Enjelina Bauung, “Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Kelas Iii Sdn 4 Rantepao,” 23 6, No. 1 (2023): H.22.
Siti Nur Inayah Muflihah, Fahmi Irfani, And Hambari, “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di MTS Al- Ahsan Kota Bogor,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, No. November (2024): H.1242.
Umi Kalsum, “Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Nurul Islam Pasenggerahan,” Jurnaledusiana:Jurnalilmupendidikan 2, No. 2 (2024): H.192.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emi Austrina Mokoginta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.