PENGARUH PENERAPAN METODE WAFA TERHADAP PENCAPAIAN KETUNTASAN HAFALAN 2 JUZ SISWA DI SDIT LUKMANUL HAKIM KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Muh Hidayat Fitro Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Metode Wafa, Hafalan Al-Qur’an, Pendidikan Dasar, Otak Kanan, Strategi TANDUR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Wafa terhadap pencapaian ketuntasan hafalan 2 juz siswa di SDIT Lukmanul Hakim Kabupaten Gorontalo. Metode Wafa merupakan pendekatan pembelajaran Al-Qur’an berbasis otak kanan yang menyenangkan dan praktis, serta menggunakan strategi TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen murni (true experimental design). Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan metode Wafa dan kelas kontrol menggunakan metode Ummi. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test, dan analisis data dilakukan melalui uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan metode Wafa berpengaruh positif terhadap pencapaian ketuntasan hafalan Al-Qur’an 2 juz siswa, khususnya dalam aspek tahfidz, tajwid, kefasihan, dan adab. Oleh karena itu, metode Wafa dapat dijadikan solusi alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tahfidz di sekolah dasar

References

A. Asriannor and S. Nur Aini, “Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Wafa (Studi Kasus SDIT Nurul Fikri Banjarmasin),” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 4, Oct. 2023, 1689.

Fatimah Djafar, Ingka Rizkyani Akolo and Apriliyanus Rakhmadi Pratama, Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi dengan SPSS, (Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2024), 44.

Indri Ayu Muzaiyanah, Hayumuti and Asrori, “Implementasi Metode Wafa Dengan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Mujahidin Surabaya,” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), Vol. 6, No. 4, April 2023, 2293.

Nofi Maria Krisnawati and Sita Husnul Khotimah, “Peningkatan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Anak Usia Dini,” Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, Vol. 73, No. 1, 2021, 100.

Riza Fahruddin and Darmanto, “Meningkatkan Minat Baca Anak Terhadap Al-Qur’an,” Al-Muaddib, Vol. 4 No 2, Oktober 2022, 196.

Siti Fatimah Puji Rahayu, Skripsi: Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas IV di SDIT Taqiyya Rosyida.

Sri mawaddah, “Beut Ba'da Magrib" Suatu Pembiasaan Bagi Anak-anak Belajar Al-Qur'an,” Jurnal Studi Gender dan Islam Serta Perlindungan Anak Vol. 6, No. 1 (Januari-Juni 2017) 97-98.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif (Alfabeta, 2018).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, 2018.

Wahyu Esa Zahrotul Munawaroh and Sofa Muthohar, “Efektifitas Penggunaan Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-Qur’an di RuTaba,” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2, Desember 2024, 40.

Wawancara Pribadi Dengan Ustadz (Bapak Islan Amiri), Di SDIT Lukmanul Hakim Kabupaten Gorontalo, (12 November 2024).

Downloads

Published

2025-07-06

Issue

Section

Articles