KITAB KUNING: METODE SOROGAN DAN BANDONGAN DI PONDOK PESANTREN

Authors

  • Dia Fathul Jannah Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah, Wonosobo, Indonesia
  • Fauzia Adista Wati Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah, Wonosobo, Indonesia
  • Nurul Mubin Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah, Wonosobo, Indonesia

Keywords:

Kitab kuning, pesantren, sorogan, bandongan

Abstract

Kitab kuning merupakan kitab klasik berbahasa Arab tanpa harakat (gundul) yang digunakan sebagai rujukan utama dalam pembelajaran Islam di lingkungan pesantren. Kitab ini mencakup berbagai disiplin ilmu keislaman seperti fikih, tauhid, tafsir, hadis, dan tasawuf. Keberadaannya mencerminkan tradisi keilmuan Islam yang telah diwariskan secara turun-temurun. Di pesantren, metode pembelajaran kitab kuning memiliki ciri khas tersendiri, seperti metode bandongan dan sorogan.  Setiap metode memiliki pendekatan yang menekankan pada pemahaman teks dan pelatihan logika berpikir kritis terhadap sumber-sumber klasik. Selain itu, pembelajaran kitab kuning juga melibatkan pemahaman gramatikal bahasa Arab melalui ilmu nahwu dan sharaf. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif bersama dengan pendekatan “studi kepustakaan”. Pendekatan ini dipilih karena sesuai untuk mempelajari konsep keagamaan secara menyeluruh, terutama tentang bagaimana nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dapat doterapkan dalam pendidikan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian kitab kuning serta menggambarkan metode-metode pembelajaran yang diterapkan di pesantren, sebagai upaya pelestarian khazanah intelektual Islam klasik dalam konteks pendidikan tradisional di Indonesia.

References

Adib, A. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Dipondok Pesantren. Jurnal Mubtadiin, Vol 7(1), 232-246.

Alfinur, M.F. (2024). Kitab Kuning Tradisinya Diindonesia. Siwayang Jurnal, Vol 3(1), 13-20

Harahap, M.R. (2023). Tradisi Kitab Kuning Pada Madrasah Diindonesia. Jurnal Al-Kaffah, Vol 11(1), 105-130.

Ifendi, M. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 6(2),85-98

Izmi N. (2023). Tradisi Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Kurikulum Pesantren. Jurnal El-Rusyd, Vol 7(2), 1-12.

Krisman, N. (2022). Problem Dan Tantangan Pembelajaran Kitab Kuning Di Indonesia. Jurnal Csamratul Fikri, Vol16 (2),77-88.

Mas'udi.(2023). Upaya Melesterikan Tradisi Keagamaan (Studi Pondok Pesantren Al Falah Sumber Gayam Pemekasan). Jurnal Studi Pendidikan, Vol 2(1), 46-67.

Mufid, A.S. (2013). Paham Ahlu Sunnah Wal Jamaah Dan Tantangan Komtemporer Dalam Pemikiran Dan Gerakan Islam Di Indonesia. Jurnal Multikultural & Multireligius, Vol 12(3), 8-19.

Subaidi. (2019). Pendidikan Islam Risalah Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah Kajian Tradisi Islam Nusantara. Jawa Tengah: Unisnu Press.

Thoriqussu'ud M. (2012). Model Model Pengembangan Kajian Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tajdid, Vol1(2), 225-239

Downloads

Published

2025-07-06

Issue

Section

Articles