EFEKTIVITAS LAYANAN HOME VISIT OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Rahmawati Bukman IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Buhari Luneto IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Home visit, penguatan karakter, guru PAI, kolaborasi sekolah-keluarga, pendidikan holistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan home visit oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penguatan karakter peserta didik di SMP Negeri 2 Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk memahami fenomena secara holistik melalui pengumpulan data primer (wawancara dengan kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua) dan data sekunder (dokumen sekolah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa home visit efektif dalam: (1) meningkatkan kedisiplinan siswa (40%) dan mengurangi pelanggaran tata tertib (35%), (2) membangun sinergi sekolah-keluarga-masyarakat dengan 85% orang tua merasa lebih terlibat dalam pendidikan anak, serta (3) menginternalisasi nilai-nilai Islam melalui pendekatan kontekstual. Faktor pendukung meliputi kebijakan sekolah (Permendikbud No. 111/2014) dan kolaborasi guru, sementara kendala geografis (30% kasus) dan kesibukan orang tua (45%) menjadi tantangan utama. Implikasi penelitian merekomendasikan integrasi teknologi untuk home visit virtual dan pelatihan guru dalam teknik wawancara keluarga. Temuan ini memperkuat teori Lickona (1991) tentang pendidikan karakter berbasis kolaborasi ekosistem

References

Ahmadi, A, I Warsah, and D H Ristianti. “Upaya Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Bimbingan Pribadi Dan Sosial Pada Siswa SMP Islam Ulul Albab Lubuklinggau,” 2024. http://e-theses.iaincurup.ac.id/6023/.

Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian, (Bandung : CV Pustaka, 2008), hal. 95.

Bu srhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, (Jakarta : Kencana, 2013), h. 133.

Dasar, D I Sekolah. “Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah,” 2022, 13–29.

Eliya Hafidathul Jannah. “Pelaksanaan Program Home Visit Di RA Ulul Albabab Jember Tahun Ajaran 2019/2020.” Universitas Muhammadiyah Jember, 2019, hal 3-7.

Ghozali, Imam. “PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING DALAM” 04, no. 01 (2017): 1–13.

Ii, B A B, and A Bimbingan Spritual. “Yang Berarti: ‘Menunjukkan, Memberi Jalan, Menuntun, Membimbing, Membantu, Mengarahkan, Pedoman Dan Petunjuk.’ Kata Dasar Atau Kata Kerja Dari,” 2010.

Ilham, Dodi. “Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional” 8, no. 3 (2019): 109–22.

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktis, (Jakarta: Bumi Askara, 2015) hlm. 82.

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, (Jakarta : Bumi Aksara, 2015), hal. 176

Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian, (Jakarta : Kencana, 2012), hal. 34

Kasus, Studi, D I Mis, Darul Ulum, and Desa Papuyuan. “PERANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK SULAMUL ULUM DAN TPA AZ-ZAHRA” 3, no. 2 (2019): 137–65.

Lisa Tiffani, Sulasminten. “Sulasminten Abstrak.” Pelaksanaan Layanan Khusus Bimbingan Dan Konseling Di Smk Krian 2 Sidoarjo, no. 3 (2019): 1–6.

Mahalli. “BAB II Kerangka Teori.” Digilib UIN Surabaya 15, no. 2 (2016): 6–18.

Mas’odi, Mas’odi, Mufti Syaifuddin, and Amirullah Amirullah. “Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Home Visit (Studi Kasus Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumenep).” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 8, no. 2 (2020): 107–17. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.11734.

Mayang Arry Rismayanti, Pengaruh Tindakan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah, (Jakarta, 2022), h.

Mutmainah, Dwi Cahyani. “Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Islami Melalui Pendidikan Agama Islam” 3, no. 2 (n.d.): 328–36.

Unik Fepriyanti, Abdul Wachid, and Bambang Suharto. “INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Strengthening Character Education through the Example of Teachers and Parents Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru Dan Orang Tua Siswa” 26, no. 1 (2021): 135–46.

Nurjanah, Hesti, and Irma Sukmawati. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pengembangan Karakter Anak” 1, no. 1 (2023): 148–73.

“PENERAPAN PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR Septi Aprilia,” n.d., 20–34.

Prasetyo, Teguh, Endin Mujahidin, Rasmitadila Rasmitadila, and Aprillia Kumala

Program Studi et al., “Upaya Membangun Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas v Sdn 23 Biringere Skripsi,” 2022.

Yuani. “Implementasi Metode Home Visit Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemik Covid-19.” Jurnal Abdidas 2, no. 4 (2021): 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388.

Sambayon, Wees. “Pelaksanaan Home Visit Dalam Penyelesaian Masalah Siswa Di Smp It Al-Furqon.” Journal of Chemical Information and Modeling, 2020, 1–42.

Setyani, Dwi, Nurratri Kurnia Sari, and Tri Sutrisno. “Problematika Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Selama Home Visit Siswa Sekolah Dasar.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 3 (2021): 226–34. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.254.

Slamet Wahyu and Dwi Laksono,“PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TESIS Oleh :,” 2020.

Studi, Program, Pendidikan Guru, Ibtidaiyah Fakultas, and Tarbiyah Dan. “Upaya Membangun Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas v Sdn 23 Biringere Skripsi,” 2022.

Studi, Program, Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Negeri Surabaya. “PELAKSANAAN PROGRAM HOME VISIT DALAM MENUNJANG PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI SISWA DI SMP AL-HIKMAH SURABAYA Umilatifah Dianayu Permatasari Karwanto,” n.d.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung : Alfabeta, 2015), hal. 1.

Syifa’, Lailatus, Nurdyansyah Nurdyansyah, and Nyong ETIS. “Implementation of Home Visite Program in Overcoming Student Learning Problems in SD

Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo.” Proceedings of The ICECRS 6 (2020): 1–12. https://doi.org/10.21070/icecrs2020385.

“INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Strengthening Character Education through the Example of Teachers and Parents Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru Dan Orang Tua Siswa” 26, no. 1 (2021): 135–46.

Wahyu, Slamet, and Dwi Laksono. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TESIS Oleh :,” 2020.

Downloads

Published

2025-07-05

Issue

Section

Articles