PERAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK SEBAGAI LANDASAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dara Mitha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Siti Masyithoh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Karakter Siswa, Pembentukan Karakter, akidah akhlak

Abstract

Pendidikan akidah akhlak memegang peranan penting sebagai landasan dalam pembentukan karakter anak, khususnya pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan akidah akhlak sebagai landasan dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (penelitian perpustakaan) kualitatif - deskriptif dengan sumber data berasal dari literatur akademik dan jurnal-jurnal terdahulu yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan akidah akhlak memiliki peranan strategis dalam membentuk karakter siswa yang berdisiplin, bertanggung jawab, jujur, dan memiliki kesadaran spiritual yang kuat. Peran guru sebagai pendidik dan teladan sangat menentukan keberhasilan pembentukan karakter tersebut, sementara integrasi nilai-nilai akidah dan akhlak dalam kurikulum serta lingkungan sekolah yang kondusif menjadi faktor pendukung utama. Kesimpulannya, pendidikan akidah akhlak bukan hanya sebagai pengajaran materi agama, tetapi juga sebagai landasan utama dalam mencetak generasi muda yang beriman dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, penguatan pendidikan akidah akhlak di sekolah dasar sangat penting untuk mewujudkan karakter anak yang berkualitas dan mampu bersaing di masa depan. 

References

Ahmad Fuadi, et al., (2024). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas X MA Al Yusriyah Pangkalan Susu. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(6), 230–242. https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i6.949

Chanifudin, R. (2025). Peran Pendidikan Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 1736. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Cholivah, W., & Hidayati, D. (2025). Peran Komunitas Belajar Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. In Academy of Education Journal (Vol. 16, Issue 1). Online.

Fitriyah, S., & Wahyuni, F. A. (2023). Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 392–397. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.201

Halimatus Sa, S., Ainindia Wanti, A., Mala, A., & Sunan Giri Surabaya, U. (2025) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Madrasah Ibtidaiyah. 567–578. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v4i2.5576

Hikmah, S. A., & Hasanil Asy’ari, M. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Karakter Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Analisis Model Pembelajaran Karakter Nasional). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1). https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/download/2443/1370/

Jaujah, R., & Qibtiyah, L. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus Guru berkeluarga di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan). SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam STAI Suichona Moh. Cholil Bangkalan https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v12i1.4300

Haryati. (2024). Efektivitas Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Islam Kelas IV SD Negeri 1 Lahat Selatan. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman dan Pendidikan. 11(2). https://doi.org/10.12065/al-hikmah.v11i2.31

Lutfiyatul, A., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Setingkat Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, Vol 2 Issue (2), Hal 189 – 200. https://jurnalistiqomah.org/index.php/jppi/article/view/3035/2230

Miftahuddin, M., Azyan, R., Sholiha, T. B., Syu’batul Alam, R. I., & Nazib, F. M. (2025). Pemanfaatan Game Edukasi Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di SD. AEJ (Advances in Education Journal). https://journal.al-afif.org/index.php/aej/article/view/46

M.Yunus Abu Bakar, Siti Nur Maulidiyah Munandari, & Zainia Zein. (2024). Peran dan Tanggung jawab Masyarakat dan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam. Journal of Student Research, 2(4), 01–12. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i4.3055

Nina Adlini, et. al., (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1), 974-980.

Nola Ariesta Elvan, Sasmi Nelwati, & Misra Misra. (2024). Problematika Guru Akidah Akhlak dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di MTsN 01 Kota Pariaman. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 22–33. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i1.2071

Pakaya, K., Petasolong, N., Sidik, F., Agama, I., Negeri, I., & Gorontalo, A. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas 3. 4(1) Instruktur: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah http://jurnal.iuqibogor.ac.id

Munawir et al,. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi dalam Menyongsong Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam. https://doi.org/10.17467/mk.v23i1.5707

Rizka, A. (2023). Problematika pembelajaran akidah akhlak dan solusi mengatasinya pada kelas V di MSI 05 Sampangan Kota Pekalongan [Skripsi, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan]. Eprints UIN Gus Dur. http://etheses.uingusdur.ac.id/6695/1/2317171_COVER_BAB%20I%20DAN%20BAB%20V.pdf

Rosidah, R. (2023). Media Pembelajaran PAI. Jurnal Edukatif, 1(2), 216–221. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/245

Sadriani, A., Ridwan, M., Ahmad, S., & Arifin, I. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. PROSIDING SEMINAR NASIONAL. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index

Saefudin, D. (2024). Problematika Pembelajaran Aqidah Akhlaq dan Upaya Mengatasinya Pada Siswa Pondok Pesantren Hidayatul Ulum Seputih Raman Lampung Tengah. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN. Volume 3 Issue (8), Hal 688-697 https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Saribun. (2024). Peran Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(4), 311–322. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i4.486

Sari, G. W. W., & Nazib, F. M. (2022). Pembelajaran akidah akhlak di madrasah ibtidaiyah: Penelitian deskriptif pembelajaran akidah akhlak di MI Al-Khoiriyyah III Karangpawitan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Universitas Garut. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPAI

Waryanti, Z. N., Rochmawan, A. E., Hidayah, N., & Islam Mamba’ul’ Ulum Surakarta, I. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII di MTS N 6 Boyolali. In Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 27 - 36. https://doi.org/10.54090/alulum.667

Downloads

Published

2025-07-04

Issue

Section

Articles