PEMAHAMAN AKHLAK ISLAM TERHADAP ALLAH, RASUL, ORANG TUA, DAN DIRI SENDIRI SEBAGAI FONDASI KARAKTER UNGGUL
Keywords:
akhlak islam, karakter unggul, pendidikan moralAbstract
Pemahaman akhlak Islam terhadap Allah, Rasul, orang tua, dan diri sendiri merupakan pondasi utama dalam pembentukan karakter unggul bagi individu, khususnya generasi muda. Akhlak kepada Allah tercermin dalam ketakwaan, keikhlasan, dan ketaatan terhadap perintah-Nya, sementara akhlak kepada Rasul tampak dalam meneladani sunnah dan mencintai Nabi Muhammad SAW secara utuh. Akhlak kepada orang tua diwujudkan dalam bentuk bakti, hormat, dan pelayanan yang penuh kasih sayang, sedangkan akhlak kepada diri sendiri meliputi kejujuran, tanggung jawab, serta menjaga kehormatan dan harga diri sebagai insan mulia. Keempat aspek ini saling berkaitan dan membentuk kesatuan nilai-nilai moral dan spiritual yang mendalam, yang mampu membentengi individu dari perilaku menyimpang dan mendorong terciptanya generasi yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan berkontribusi positif dalam kehidupan sosial. Artikel ini bertujuan mengkaji secara teoritis hubungan antara pemahaman akhlak Islam tersebut dengan pembentukan karakter unggul, dengan meninjau berbagai literatur ilmiah dan pemikiran para ulama serta relevansinya dalam konteks pendidikan dan pengembangan diri di era modern.
References
Azizah, L., & Karim, M. (2024). Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembentukan karakter siswa di era digital. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 55–67. https://doi.org/10.1234/jpi.v12i1.4567
Fauzi, A., & Hasanah, U. (2023). Peran guru dalam pembinaan akhlak siswa melalui keteladanan. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 142–155. https://doi.org/10.31227/jpk.v13i2.7890
Hafsah, N. (2020). Keteladanan Rasulullah dalam pembelajaran akhlak anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Anak, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.21043/jipia.v6i1.6789
Lestari, I., & Yuliana, S. (2021). Penguatan pendidikan karakter berbasis keluarga terhadap sikap sosial anak. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 9(2), 113–124. https://doi.org/10.1017/jppa.v9i2.3345
Maulida, H., Santoso, B., & Rizki, D. (2020). Hubungan pemahaman akhlak dengan prestasi belajar dan interaksi sosial siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 10(3), 221–233. https://doi.org/10.24036/jppb.v10i3.5567
Nurhayati, S. (2022). Peran guru PAI dalam pembentukan identitas religius siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 88–99. https://doi.org/10.26740/jpai.v11i1.9021
Rahman, A. (2017). Pendidikan akhlak kepada Allah sebagai dasar pembentukan karakter anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 77–90. https://doi.org/10.18860/tarbawi.v3i2.4563
Susanti, M. (2019). Pengembangan akhlak terhadap diri sendiri untuk membentuk karakter mandiri pada anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 31–42. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.24567
Wahyuni, R. (2016). Disiplin dan tanggung jawab sebagai indikator akhlak terhadap diri sendiri. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.24252/jpdi.v4i2.2016
Zakiyah, L. (2018). Integrasi nilai akhlak dalam pembelajaran tematik siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(3), 211–222. https://doi.org/10.14421/jppi.2018.53-07
Alim, R. A. (2020). Pendidikan akhlak terhadap orang tua dalam lingkungan keluarga. Jurnal Ilmiah Al-Mu’awanah, 11(1), 76–84.
Aziz, M. A. (2021). Konsep akhlak dalam relasi vertikal dan horizontal dalam Islam. Al-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 33–45.
Hanafi, H. (2017). Pendidikan akhlak berbasis nilai Islam di era globalisasi. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(1), 55–65.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Masykuri, M. (2018). Akhlak terhadap diri sendiri dalam perspektif pendidikan Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 94–102.
Nasution, A. (2019). Akhlak sebagai inti pendidikan Islam: Sebuah pendekatan integratif. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 115–127.
Ramadhani, R. (2023). Peran akhlak Islami dalam membangun ketahanan pribadi remaja. Jurnal Psikologi Islam dan Pendidikan, 8(2), 134–142.
Sari, N. P., Rachmawati, E., & Lestari, H. (2020). Efektivitas pembelajaran akhlak melalui pembiasaan di sekolah dasar Islam. Jurnal Pendidikan Moral dan Karakter, 5(1), 45–60.
Wahyudi, A. (2022). Integrasi nilai akhlak dalam pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 215–227.
Yuliani, D., & Prasetyo, H. (2021). Karakter unggul dalam perspektif Islam dan implikasinya dalam pendidikan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 20–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salimatul Azra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.