PENGARUH PEMBINAAN IBADAH TERHADAP KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SDN 3 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Salma Manggopa Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Apriliyanus Rakhmadi Pratama Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Pembinaan Ibadah, Karakter Religius, Peserta Didik, Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembinaan ibadah terhadap karakter religius peserta didik di SDN 3 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pembentukan karakter religius pada anak usia sekolah dasar di tengah arus globalisasi dan krisis moral yang semakin kompleks. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 55 siswa kelas IV, V, dan VI yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dari populasi sebanyak 119 siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan karakter religius di lingkungan sekolah dasar. Pembinaan ibadah yang terstruktur seperti shalat, dzikir, dan kegiatan spiritual lainnya terbukti mampu menumbuhkan sikap patuh kepada Allah, keikhlasan, tanggung jawab, rasa hormat terhadap orang lain, serta kepercayaan diri pada peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi bagi guru, orang tua, dan lembaga pendidikan untuk menjadikan pembinaan ibadah sebagai bagian penting dalam membentuk pribadi yang religius dan berakhlak mulia

References

Abudin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, ( Bandung: RajaGrafindo Persada, 2000), h. 288

Ajat Rukajat, PENDEKATAN PENELITIAN KUANTITATIF (yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH, 2019).

Hasbi Ash Shiddieqy, Kuliah Ibadah, (Jakarta: PT. Bulan Bintang, 2000), h. 250.

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter, 4 ed. (Bandung: Alfabeta, 2017), 2.

Iwan Hermawan, METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN (Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019) hal 93.

Lina Hadiawati, ―Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Sholat‖, Jurnal Pedidikan Universitas Garut,Vol. 02 No.01, 2008,19.

Lintang Janester Claudia and Rina Harimurti, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia 3D Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Kelas X Jurusan TKJ Di SMK Negeri 1 Pacitan’, Jurnal It-Edu, 1.01 (2016), pp. 14–22.

Moh. Sholeh Imam Musbikin, Agama Sebagai Terapi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005), h 42- 43

Muchlish Anshori, METODE PENELITIAN KUANTITATIF EDISI 2 (Surabaya: Airlangga University, 2021)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2007)

Selly Sylviyanah, ―Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar‖, Jurnal Tarbawi Vol.1 No.3, (September 2012), 194

Sigit Hermawan, METODE PENELITIAN BISNIS (Malang: Media Nusa Creative, 2021).

Simanjuntak, B., I. L Pasaribu, Membina dan Mengembangkan GenerasiMuda, (Bandung: Tarsito, 1990)

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2012), p. 61.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, ( Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles