PERAN PENDAMPINGAN ORANG TUA PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

(Studi Kasus Pada Orang Tua/Wali Siswa SMP Negeri 4 Limboto di Kelurahan Biyonga Kecamatan Limboto)

Authors

  • Dwi Cahyani Moomin Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Lian G. Otaya Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Syahrial Labaso Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Pendampingan orang tua, Pendidikan Agama Islam, Budi pekerti, Pembelajaran di rumah, Studi kasus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendampingan orang tua dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di rumah, khususnya pada siswa SMP Negeri 4 Limboto di Kelurahan Biyonga. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam membimbing anak mengerjakan tugas PAI, memberi nasehat keagamaan dan akhlak, mengawasi kegiatan belajar, serta menciptakan lingkungan yang mendukung. Faktor pendukung antara lain lingkungan religius dan komunikasi yang baik, sementara hambatan meliputi keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman agama. Pendampingan orang tua berdampak positif pada kedisiplinan ibadah, kejujuran, sopan santun, dan keterlibatan anak dalam kegiatan keagamaan. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam cakupan wilayah dan jumlah informan. Oleh karena itu, disarankan adanya sinergi antara sekolah dan orang tua untuk membentuk karakter religius anak secara holistik

References

Aulia Nur Fadillah, Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Daring Di Rumah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Pasir Putih 03 Kota Depok Tahun Pelajaran 2020/2021, Skripsi (2021) 1442 H

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta : Rineka Cipta, 2010)

Hartati, Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Depdiknas, 2005)

M. Syahran Jailani, “Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi)

Maelong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosda Karya, 2005)

Patilima, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Cv Alfabeta, 2005)

Rafida Fitriany, Pern Pendamping Orang Tua Dalam Belajar PAI Pada Anak Di Desa Selorejo, Skripsi (2024)

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta, 2019

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles