DAMPAK PENGETAHUAN EVALUASI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA MATA PELAJARAN PAI DI MAN 1 KOTAMOBAGU
Keywords:
Pengetahuan evaluasi pembelajaran, kinerja guru, Pendidikan Agama Islam, MAN 1 KotamobaguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengetahuan evaluasi pembelajaran terhadap kinerja guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Kotamobagu. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut tidak hanya menguasai materi, tetapi juga memiliki kemampuan dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang efektif. Evaluasi pembelajaran memegang peran penting dalam menilai pencapaian siswa, merancang tindak lanjut pembelajaran, serta meningkatkan kualitas proses belajar. Namun, masih ditemukan sejumlah guru PAI yang belum optimal dalam menerapkan prinsip dan Teknik evaluasi secara menyeluruh, sehingga mempengaruhi kinerja mereka secara keseluruhan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI di MAN 1 Kotamobagu. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang disusun berdasarkan indikator pengetahuan evaluasi dan kinerja guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan evaluasi pembelajaran dengan kinerja guru. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam peningkatan mutu profesionalisme guru serta menjadi dasar bagi pengambil kebijakan dalam merancang program peningkatan kompetensi guru di lingkungan madrasah
References
Ani Fitria Nurkhasanah and Debi Yandrizal, “MERDEKA DI SDN 09 TIUMANG DHARMASRAYA Problems in Evaluating Islamic Religious Education ( PAI ) Learning in the Merdeka Curriculum at SDN 09 Tiumang Dharmasraya,” Ta’limuna 13, no. 1 (2024): 67–75.
Anthony Anggrawan, “Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka Dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer 18, no. 2 (2019): 339–346.
Elsa Maya, “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Di Kecamatan Pamenang Barat,” Keywords in Qualitative Methods 05 (2021).
Fadhallah, Wawancara (jakarta, 2021).
Hasan Syahrizal and M. Syahran Jailani, “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif,” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 1, no. 1 (2023): 13–23.
Hilman Taufiq Abdillah, “PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU PAI TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SMA,” JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL 24, no. 2 (April 7, 2016): 141, http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/1450.
Ika Susanti and Ninik Dwi Atmini, “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Menggunakan Metode Angket Dengan Teknik Cluster Sampling,” E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 15, no. 2 (2022): 330–337.
M.Stat. Dr. Fatimah Djafar, S.Pd., M.Si.,, Ingka Rizkyani Akolo, S.Pd, M.Si, Apriliyanus Rakhmadi Pratama, S.Si., STATISTIKA PENDIDIKAN Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS, ed. Randy Pratama Murtikusuma (Jakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2024).
N. Nurhadi, M., & Sari, “Pengaruh Evaluasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru.,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 28 (2021): 211–220.
Novitasari Lenny, ‘E-Book Sebagai Literasi Digital ( Studi Media Aplikasi IMartapura Terhadap Minat Baca Masyarakat Kabupaten Banjar )’.
Nurkhasanah and Yandrizal, “MERDEKA DI SDN 09 TIUMANG DHARMASRAYA Problems in Evaluating Islamic Religious Education ( PAI ) Learning in the Merdeka Curriculum at SDN 09 Tiumang Dharmasraya.”
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diva Andira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.