IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PADA KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Pendidikan akhlak, peluang, Madrasah Ibtidaiyah, tantangan, kurikulum merdekaAbstract
Implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah menjadi semakin penting dalam konteks Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berdiferensiasi dan penguatan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang dalam pelaksanaan pendidikan akhlak di tingkat dasar madrasah, khususnya dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data diperoleh dari literatur akademik, regulasi kurikulum, serta studi-studi terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam implementasi pendidikan akhlak meliputi kesiapan guru, keterbatasan materi kontekstual, serta kurangnya integrasi nilai akhlak dalam pembelajaran tematik. Meskipun demikian, terdapat peluang signifikan seperti fleksibilitas Kurikulum Merdeka, dukungan digitalisasi pendidikan, dan semakin besarnya perhatian terhadap pendidikan karakter dalam kebijakan nasional. Pembahasan dalam penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan lingkungan sekolah dalam menanamkan nilai-nilai akhlak secara menyeluruh. Selain itu, pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan penguatan peran guru sebagai teladan menjadi strategi utama yang perlu dikembangkan. Kesimpulannya, pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah harus diimplementasikan secara terintegrasi, kontekstual, dan berkesinambungan agar mampu mencetak generasi yang berkarakter mulia dan siap menghadapi tantangan zaman.
References
Adib, M., Pahrudin, A., Jatmiko, A., & Koderi, K. (2024). Curriculum Reform in Islamic Religious Education: A Competency-Based Approach in Indonesian Madrasah Ibtidaiyah. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 157–167. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v7i2.3252 lp2msasbabel.ac.id+5ejournal.iaisyarifuddin.ac.id+5ejournal.uin-malang.ac.id+5
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386–393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583 ejournal.unma.ac.id
Hamidah, A. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Karakter Gotong Royong Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 196–212. https://doi.org/10.52166/mida.v7i2.7034 e-jurnal.unisda.ac.id
Idris, S., & Adawiah, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman dan Pendidikan Islam, 19(1), 30–43. https://doi.org/10.32923/taw.v19i1.4512 ejournal.iaisyarifuddin.ac.id+5lp2msasbabel.ac.id+5jurnal.faiunwir.ac.id+5
Kamal. (2022). Implikasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cross Border Journal of Islamic Studies (CBJIS), 3(2), 114–119. https://doi.org/10.37567/cbjis.v3i2.1104 journal.iaisambas.ac.id
Kulsum, U., Bahrissalim, B., Khadijah, S., Fauzan, F., & Arifin, F. (2024). Character Based Digital Curriculum and Learning: A Case Study in Madrasah Ibtidaiyah and Elementary Schools. Journal of Integrated Elementary Education, 4(2), 274–288. https://doi.org/10.21580/jieed.v4i2.23024 journal.walisongo.ac.id
Munawir, M., Lailun Nurul A., & Puspita Sari, R. A. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9(1), 49–54. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2785 en.wikipedia.org+12journal.uiad.ac.id+12jurnal.faiunwir.ac.id+12
Muzdalifah Rohami Harahap, A., Arlina, D. F. P., & Dio Anugrah. (2025). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(1), 163–171. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.736
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Safina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.