PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM DENGAN METODE BANDONGAN DI PONDOK PESANTREN ASWAJA AN-NAHDLIYAH PANEMBAHAN BANTERAN SUMBANG BANYUMAS

Authors

  • Kholid Mawardi Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Zein Muchamad Masykur Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Maritza Hazna Mawardi Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

Keywords:

Metode Bandongan, Pembelajaran Sejarah Islam, Pondok Pesantren, Efektivitas Pendidikan, Nilai Keislaman

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan metode bandongan dalam pembelajaran sejarah Islam di Pondok Pesantren Aswaja An-Nahdliyah Panembahan Banteran Sumbang Banyumas. Metode bandongan, sebagai pendekatan tradisional pesantren, dianalisis dari segi efektivitasnya dalam menyampaikan materi sejarah Islam, membentuk pemahaman historis, dan menanamkan nilai-nilai keislaman kepada santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka, melibatkan kyai dan santri sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bandongan efektif dalam mentransmisikan pengetahuan sejarah dan nilai-nilai spiritual, dengan peran sentral kyai sebagai penafsir dan penghubung konteks historis dengan kehidupan kontemporer. Namun, tantangan seperti sifat satu arah dan kurangnya partisipasi aktif santri menunjukkan perlunya adaptasi metode agar relevan dengan kebutuhan pendidikan modern. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model pembelajaran sejarah Islam yang berbasis tradisi namun responsif terhadap dinamika zaman

References

Afifullah, A. (2020). Eksistensi metode bandongan dalam pembelajaran tafsir pada pesantren di era kontemporer. Revelatia: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(2), 101–115. https://doi.org/10.19105/revelatia.v2i2.5087(DOI)

Alfi, M. (2020). Model pembelajaran sorogan dan bandongan dalam pembelajaran kitab kuning. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 45–58. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572(DOI)

Amin, M. (2021). Implementasi metode bandongan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PENDIPA: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 594–598. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.594-598(DOI)

Anwar, M. (2022). Perspektif sejarah sosial dan nilai edukatif pesantren dalam pendidikan Islam. Review of Islamic and Social Studies, 3(2), 123–135. https://doi.org/10.54471/rjps.v3i2.2527(DOI)

Arifin, M. (2022). Aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembelajaran kitab kuning di pesantren. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 35–47. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v15i1.6809

Aziz, A. (2019). Perbandingan metode bandongan dan sorogan dalam memahami kitab Safinatun Najah. Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.37(DOI Resolver)

Azra, A. (2004). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Kencana Prenada Media Group.

Bruinessen, M. van. (1995). Kitab kuning: Pesantren dan tarekat. Mizan.

Budianto, H. (2021). Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di madrasah diniyah. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Budaya, 2(8), 758–767. https://doi.org/10.17977/um063v2i8p758-767(DOI Resolver)

Cahyono, A. (2020). Sejarah pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Islam, 20(2), 45–60. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v20i2.6676(DOI Resolver)

Darmawan, R. (2021). Sejarah kebudayaan Islam: Kajian perkembangan pesantren di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–88. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i1.75(DOI)

Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai. LP3ES.

Djamaluddin, A. (2005). Pendidikan pesantren dalam perubahan zaman. LKiS.

Eka, S. (2022). Sejarah pendidikan pesantren: Studi pesantren sebagai pembentuk tradisi Islam Indonesia. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 48–64. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.374(DOI)

Fauzan, R., & Hamid, M. (2021). Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam melalui metode tradisional di pesantren. Jurnal Ilmu Tarbiyah: Riset dan Kajian Pendidikan Islam, 10(2), 120–132. https://doi.org/10.24252/jipt.v10i2.24168

Fauzi, M. (2020). Pondok pesantren dalam perspektif sejarah. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 25–40. https://doi.org/10.47625/fitrah.v1i1.141(DOI)

Ghazali, A. (2021). Peran pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 20(2), 123–135. https://doi.org/10.32939/islamika.v20i02.582(DOI)

Hasan, M. (2021). Pesantren in the changing Indonesian context: History and current development. QIJIS: Qudus International Journal of Islamic Studies, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.21043/QIJIS.V8I1.5629(DOI)

Ibrahim, S. (2021). Revitalisasi pembelajaran kitab kuning di era revolusi industri 4.0. Abdidas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 45–58. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.329(DOI)

Junaidi, A. (2021). Pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren. Ibtidaiy: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 123–135. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3693(DOI)

Kurniawan, R. (2020). Sejarah perkembangan sistem pendidikan Islam di pesantren Ar-Raudhlatul Hasanah. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 45–60. https://doi.org/10.30829/j.v2i1.1641(DOI)

Lestari, D. (2022). Pondok pesantren Nurul Islam: Sejarah dan perannya dalam membina umat Islam di desa Pinding Kabupaten Aceh Tenggara. Local History & Heritage, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.57251/lhh.v2i2.638(DOI Resolver)

Madjid, N. (1997). Bilik-bilik pesantren: Sebuah potret perjalanan. Paramadina.

Mulyadi, A. (2021). Menguatkan pendekatan tradisi sorogan dan bandongan: Studi kasus pada pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Madura. SAA: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 10(2), 123–135. https://doi.org/10.24252/saa.v10i2.26312(DOI Resolver)

Nasution, H. (2001). Islam rasional: Gagasan dan pemikiran. Mizan.

Nugroho, B. (2022). Pengembangan video pembelajaran sejarah kebudayaan Islam pada materi Khulafaur Rasyidin kelas VII di pondok pesantren Darul Hadits Kabupaten Pasaman Barat. TSAQOFAH, 3(5), 958–969. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1754(DOI Resolver)

Oktaviani, L. (2021). Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan baca kitab di pondok pesantren. KBL: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 123–135. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592(DOI)

Prasetyo, A. (2021). Analisis metode pembelajaran bahasa Arab di pondok salaf dan modern. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 15(1), 45–60. https://doi.org/10.21043/arabia.v15i1.15094(DOI Resolver)

Qodir, Z. (2023). Model pembelajaran sejarah Islam berbasis kitab kuning: Studi pada pesantren salafiyah. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 24(1), 45–60. https://doi.org/10.30595/islamadina.v24i1.14761

Qomaruddin, H. (2021). Penerapan metode hafalan pada matan kitab Safinatun Najah. Murid: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 123–135. https://doi.org/10.51729/murid.12224(DOI Resolver)

Rohman, M. (2020). Metode i'rāb al-Qur'an dan konvensional sebagai pendekatan dalam pembelajaran tafsir. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(2), 123–135. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8119(DOI Resolver)

Sari, N. (2021). Pondok pesantren dan ciri khas perkembangannya. Jurnal Tarbiyah Wal Irsyad, 1(1), 45–60. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.348(DOI Resolver)

Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren, madrasah, sekolah: Pendidikan Islam dalam kurun modern. LP3ES.

Taufik, M. (2021). The role of Kiai Guntur in improving Kloposawit Lumajang resident. Review of Islamic and Social Studies, 1(1), 123–135. https://doi.org/10.54471/rjps.v1i1.1241(DOI)

Umar, A. (2021). Pengembangan metode bandongan dalam kajian kitab kuning di pesantren Attarbiyah Guluk-Guluk. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70–89. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3238(DOI Resolver)

Wahid, A. (2001). Menggerakkan tradisi: Esai-esai pesantren. LKiS.

Wahyuni, S. (2021). Analisis perbedaan proses dan hasil pendidikan pesantren. Edukasia: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 123–135. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.749(DOI Resolver)

Yusuf, M. (2021). Sejarah pesantren di Indonesia: Sebuah pelacakan historis. Intaj: Jurnal Sejarah dan Peradaban Islam, 4(1), 45–60. https://doi.org/10.35897/intaj.v4i1.388(DOI Resolver)

Zainuddin, A. (2021). Pengembangan metode pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. TSAQOFAH, 3(5), 958–969. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1754(DOI Resolver)

Zakiyah, N., & Azizah, L. N. (2021). Peran metode bandongan dalam pembelajaran tafsir di pesantren salaf. Talim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.15575/talim.v4i1.10765

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles