PENDIDIKAN CINTA TANAH AIR MELALUI KITAB KUNING DI PESANTREN ASWAJA AN-NAHDLIYAH PANEMBAHAN BANTERAN SUMBANG BANYUMAS

Authors

  • Kholid Mawardi Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto- Indonesia
  • Zein Muchamad Masykur Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto- Indonesia
  • Maritza Hazna Mawardi Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto- Indonesia

Keywords:

Pesantren, kitab kuning, pendidikan karakter, cinta tanah air, nasionalisme

Abstract

Pondok pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter santri, termasuk menanamkan nilai cinta tanah air. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran kitab At-Tahliyah wa Targhib fi Tarbiyah wa Tahdzib karya Syeikh Sayyid Muhammad dan Wasoya al-Aba li al-Abna karya Syeikh Muhammad Syakir di Pondok Pesantren Aswaja An-Nahdliyah Panembahan Banteran Sumbang Banyumas dapat berkontribusi dalam internalisasi nilai kebangsaan di kalangan santri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning ini mampu menanamkan nilai nasionalisme melalui metode pengajaran berbasis keteladanan, pembiasaan, dan diskusi yang dikontekstualisasikan dengan sejarah bangsa. Selain itu, kitab-kitab ini mengajarkan konsep disiplin, tanggung jawab, serta loyalitas terhadap negara yang selaras dengan ajaran Islam. Dengan demikian, pesantren dapat mengoptimalkan pembelajaran kitab kuning sebagai media pendidikan karakter kebangsaan dalam menghadapi tantangan globalisasi

References

Abdinigrum, R., & Supriyadi, T. (2023). Penguatan watak kewarganegaraan santri di pondok pesantren: Studi kasus pesantren modern. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 45-60. https://consensus.app/papers/penguatan-watak-kewarganegaraan-santri-di-pondok-abdinigrum-supriyadi/976459ef84105145bdfb2f6f3f19e595/?utm_source=chatgpt

Al-Attas, S. M. N. (1977). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Kuala Lumpur: ABIM.

Asmuni, M., Maududi, M., & Rofiq, A. (2020). Pendidikan Islam dalam pembentukan kepribadian Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 78-95. https://consensus.app/papers/pendidikan-islam-dalam-pembentukan-kepribadian-islami-asmuni-maududi/dbd0ee93d4e851258a3018d93a926bb8/?utm_source=chatgpt

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.

Bayu, M. (2024). Pandangan mengenai pendidikan cinta tanah air melalui Kitab Kuning di Pesantren Aswaja An-Nahdliyah Panembahan Banteran Sumbang Banyumas (Wawancara pribadi).

Gibbs, J. C. (2019). Moral development and reality: Beyond the theories of Kohlberg and Hoffman. Oxford University Press.

Gunawan, F., & Amaly, A. (2022). Eksistensi pesantren dalam perspektif pengembangan pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam, 14(3), 112-130. https://consensus.app/papers/eksistensi-pesantren-dalam-persfektif-pengembangan-gunawan-amaly/d3248dc9db0d51a7ae5729bc49e825ce/?utm_source=chatgpt

Hassan, M. K. (2018). The role of Islamic education in shaping ethical values. Islamic Studies Journal, 20(3), 45-60.

Hidayatulloh, S., Saputra, M., & Saumantri, R. (2023). Peran pesantren tarekat dalam pembentukan karakter santri. Jurnal Pendidikan Keislaman, 17(2), 89-105. https://consensus.app/papers/peran-pesantren-tarekat-roudhoh-alhikam-dalam-hidayatulloh-saputra/d08386e597695b8dbee44986f3d498e9/?utm_source=chatgpt

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice-Hall.

Mahfudzi, H. (2024). Pandangan mengenai pendidikan cinta tanah air melalui Kitab Kuning di Pesantren Aswaja An-Nahdliyah Panembahan Banteran Sumbang Banyumas (Wawancara pribadi).

Mahmud, A. (2019). Analisis kemampuan siswa dalam mengarang puisi bertema kebangsaan. Jurnal Pendidikan Sastra, 10(1), 67-80. https://consensus.app/papers/analisis-kemampuan-siswa-dalam-mengarang-puisi-bertema-mahmud/9ac1f19686425f129b90de52672ef660/?utm_source=chatgpt

Nisa, F., Aimah, S., & Fakhruddin, M. (2024). Pesantren transformation in the digital era: Solution or challenge? Jurnal Pendidikan Islam Digital, 15(1), 50-65. https://consensus.app/papers/pesantren-transformation-in-the-digital-era-solution-or-nisa-aimah/40147d06fcbe570bb334d41a8d2c9e22/?utm_source=chatgpt

Rambe, S., Simatupang, P., & Nasution, Y. (2024). Perkembangan pendidikan Islam di Nusantara dari perspektif historis. Jurnal Sejarah Pendidikan Islam, 8(2), 100-120. https://consensus.app/papers/perkembangan-pendidikan-islam-di-nusantara-dari-rambe-simatupang/449f3bcb88195816bc89ca5de0adc8bf/?utm_source=chatgpt

Schunk, D. H. (2020). Learning theories: An educational perspective. Pearson.

Slavin, R. E. (2020). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wasono, H. (2024). Pandangan mengenai pendidikan cinta tanah air melalui Kitab Kuning di Pesantren Aswaja An-Nahdliyah Panembahan Banteran Sumbang Banyumas (Wawancara pribadi).

Wenger, E. (1998). Communities of practice: Learning, meaning, and identity. Cambridge University Press.

Westheimer, J., & Kahne, J. (2004). What kind of citizen? The politics of educating for democracy. American Educational Research Journal, 41(2), 237-269.

Woolfolk, A. (2019). Educational psychology. Pearson.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles