PENGEMBANGAN MEDIA FIQIH BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MATERI SHALAT FARDHU LIMA WAKTU
Keywords:
media pembelajaran, fiqih, kurikulum merdeka, shalat fardhu, KahootAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Fiqih berbasis Kurikulum Merdeka guna meningkatkan penguasaan materi shalat fardhu lima waktu pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, ditemukan bahwa media konvensional bersifat monoton dan kurang mengakomodasi gaya belajar siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran dikembangkan menggunakan aplikasi Kahoot! yang memuat kuis interaktif, ilustrasi gerakan shalat, dan audio bacaan. Produk diuji dalam dua tahap: skala terbatas (5 siswa) dan skala luas (36 siswa). Hasil uji menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penguasaan materi, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai dan hasil uji statistik (paired t-test dan Wilcoxon). Validasi guru dan siswa juga menunjukkan respons positif terhadap media yang dikembangkan. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka efektif meningkatkan pemahaman materi fiqih siswa. Penelitian ini merekomendasikan perluasan materi, pelatihan guru, dan penguatan infrastruktur digital untuk optimalisasi implementasi di madrasah.
References
Ansyarina. (2022). Tantangan Disiplin Ibadah Siswa dalam Pembelajaran Fiqih. Jurnal Pendidikan Islam.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Azhar, A. (2015). Media Pembelajaran: Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Rajawali Pers.
Barus, Y. M., & Soedewo, E. (2020). Efektivitas Media Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 13–22.
Dhani, N. R., & Achadi, M. W. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 101–115.
Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Iswari, M. S., Rofiq, A., & Zahro, M. (2020). Penguatan Praktik Ibadah dalam Pembelajaran Fiqih. Jurnal Ilmu Tarbiyah.
Ningrum, R., & Wahidin, D. (2023). Pembiasaan Shalat Jamaah dalam Meningkatkan Disiplin Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Plump, C., & LaRosa, J. (2017). Using Kahoot! in the Classroom to Create Engagement and Active Learning: A Game-Based Technology Solution for eLearning Novices. Management Teaching Review, 2(2), 151–158.
Sodikin, S., & Ashom, K. (2021). Implementasi Pembelajaran Fiqih Materi Shalat Dengan Media Audio Visual di Madrasah Ibtidaiyah. Educare: Journal of Primary Education, 2(1), 101–118. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.52
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imas Nur Cahyani, Ibnu Rawandhy N. Hula, Moh.Zulkifli Paputungan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.