KONSEPSI MODERASI BERAGAMA DALAM RISALAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA'AH KARYA KH. HASYIM ASY'ARI: TELAAH KONTEKSTUAL TERHADAP TANTANGAN KEBERAGAMAN MASA KINI

Authors

  • Nurul Mubin Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo, Indonesia
  • Fiki Abidatul Laili Kamilatussyarifah Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo, Indonesia
  • Erisa Nafidlatussifa Universitas Sains Al Qur'an Wonosobo, Indonesia

Keywords:

Moderasi Beragama, Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah, KH. Hasyim Asy’ari, Pluralitas, Konteks Kontemporer

Abstract

Tulisan ini membahas konsepsi moderasi beragama dalam Risalah Ahlussunnah wal Jama'ah karya KH. Hasyim Asy'ari dan relevansinya dalam menghadapi tantangan keberagaman keagamaan di Indonesia masa kini. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan telaah kontekstual terhadap teks dan dinamika sosial keagamaan kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai wasathiyah, toleransi, dan tasamuh yang dikembangkan KH. Hasyim Asy'ari sejalan dengan prinsip moderasi beragama yang menjadi pedoman kehidupan beragama di tengah pluralitas. Kontribusi pemikiran KH. Hasyim Asy'ari penting dalam merawat harmoni sosial dan menghindari ekstremisme

References

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Balitbang dan Diklat Kemenag RI.

Asy’ari, H. (2007). Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah. Jombang: Maktabah Tebuireng.

Asy’ari, H. (2007). Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah (hlm. 25–28). Jombang: Maktabah Tebuireng. (Catatan: "Ibid." sebaiknya dihindari dalam daftar pustaka; lebih baik ditulis ulang dengan menyebutkan sumber lengkap.)

Zarkasyi, H. F. (2013). "Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Ahlussunnah wal Jama’ah." Jurnal Islamika, *10*(2), 215–232.

Azra, A. (2000). Islam Substantif. Bandung: Mizan.

Wahid, A. (2006). Islamku, Islam Anda, Islam Kita. Jakarta: The Wahid Institute.

Syamsuddin, D. (2018). Moderasi Islam: Pandangan Muslim Indonesia. Jakarta: MUI Press.

Feillard, A. (1999). NU vis-à-vis Negara: Pencarian Model Demokrasi di Indonesia. Yogyakarta: LKiS.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles