PERAN DAN PENGIMPLIMENTASIAN TIK DALAM RANAH PUBLIKASI DI PP DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI
Keywords:
TIK, Publikasi digital, Pondok Pesantren, Manajemen InformasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran serta pengimplementasian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam ranah publikasi di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan akan keterbukaan informasi, lembaga pesantren dituntut untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi, tidak hanya dalam aspek pendidikan tetapi juga dalam pengelolaan dan penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Dalam konteks ini, TIK memiliki potensi besar untuk memperkuat sistem publikasi pesantren melalui berbagai media digital seperti website resmi, media sosial, kanal YouTube, buletin elektronik, hingga aplikasi komunikasi internal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap kegiatan publikasi yang dijalankan di pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TIK telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan visibilitas pesantren di masyarakat, mempercepat penyampaian informasi, serta membangun citra positif lembaga. Selain itu, partisipasi aktif santri dalam kegiatan publikasi menjadi salah satu indikator berkembangnya literasi digital di lingkungan pesantren. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan teknis, dan minimnya SDM yang kompeten masih menjadi hambatan yang perlu diatasi. Dengan strategi yang tepat, pemanfaatan TIK dapat menjadi instrumen strategis untuk mendorong modernisasi publikasi pesantren yang berkelanjutan.
References
Al-Hunaiyyan, A., Bimba, A. T., Al-Sharhan, S., & Al-Huwail, N. (2020). A Conceptual Model for Implementing E-Learning in Kuwaiti Higher Education Institutions. Education and Information Technologies, 25(3), 1913–1930. https://doi.org/10.1007/s10639-019-10053-4
Fatoni, A., Hasani, A., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Transformasi Pendidikan di Pesantren. Jurnal Al-Idarah: Manajemen dan Administrasi Islam, 12(1), 12–25. https://doi.org/10.24042/alidarah.v12i1.12803
Yusof, N., & Mohd Nor, M. (2021). The Role of Islamic Boarding Schools (Pesantren) in Facing Digitalization Era: Opportunities and Challenges. Journal of Islamic Education Studies, 9(2), 145–159. https://doi.org/10.24042/jies.v9i2.10234
Hidayatullah, A. R., & Ma’arif, S. (2021). Integrasi Teknologi Digital dalam Sistem Pendidikan Pesantren: Tinjauan Sosial-Kultural. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 170–185. https://doi.org/10.14421/jpi.2021.102.05
UNESCO. (2023). Leveraging Technology to Transform Education: Global Education Monitoring Report. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000385517
Rahman, M. M., & Husna, N. (2020). Digital Literacy and Ethical Use of ICT in Islamic Schools: A Case Study in Southeast Asia. Journal of Education and Learning, 14(4), 355–364. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.15426
Wahid, A., & Nurjaman, T. (2022). Strategi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus pada Pesantren di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 34–49. https://doi.org/10.15575/jpai.v19i1.15765
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press. [Klasik tapi tetap relevan sebagai dasar teori adopsi teknologi]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hanik Rosyidah, Arju Sarira Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.