PENGARUH MEDIA QUIZIZZ DAN MINAT TERHADAP HASIL BLAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 2 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Nurmaningsih Mile Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Najamuddin Petta Solong Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Apriliyanus Rakhmadi Pratama Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Media Quizizz, Minat, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh media Quizizz dan minat terhadap hasil belajara pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Limboto di kelas XI. Metode digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Menggunakan pengujian asumsi klasik dan regresi linear berganda. Sampl penelitian berjumlah 90 peserta didik kelas XI yang dipilih menggunakan sampel probability sampling  berdasarkan rumus slovin. Alat yang digunakan untuk penlitian ini adalah angket yang disusun menurut indikator media Quizizz dan minat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media Quizizz berpengaruh negatif dan signifikan dengan hasil belajar, minat berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil belajar. Namun demikian, minat belajar memiliki pengaruh yang lbih kuat dan positif dibandingkan dengan penggunaan media Quizizz.

References

Bunga, Syafitri. 2023. “Pengembangan Materi Ajar Digital Penulis Teks Eksplanasi Dengan Aplikasi Quizizz Berbasis Kearifan Loka Untuk Siswa Kelas XI SMA.” Universitas Negeri Jakarta.

Dayanti, R N, A D Herlambang, and DKK Wijoyo. 2020. “Pengaruh Kualitas Implementasi Metode Pembelajaran Ceramah Berbantuan Powerpoint Dan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Psikomotorik Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Di SMK Negeri 12 Malang.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 4(4): 1189.

Hapsari, Sayidati, and Lucky Rachmawati. 2018. “Pengaruh Minat Baca Dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS MA Al-Hidayah Bangkalan.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 6(2): 17–22. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/34/article/view/23873/21816.

Mustari, Mohamad. 2023. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan. ed. M. Taufiq Rahman. Bandung: Gunung Djati Publishing.

Ni’am, M Khusnun, Ikhwan Saputra, Ulinnuha Muttaqin, and Dirasti Novianti. 2023. “Efektivitas Penggunaan Quizizz Paper-Mode Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Wiradesa.” Prosiding Santika 3: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Saleh, M. Sahib, Syahruddin, and Ilham azis Sahabuddin. 2023. “Media Pembelajaran.” : 1–78.

Sari, Ardita Meila, Melisa Kamila, and Linda Yarni. 2023. “Bakat Dan Minat.” Jurnal Multidisiplin Ilmu 2(4): 227–38. doi:https://doi.org/10.31004/koloni.v2i4.569.

Widiyono, Aan, and Izzah Millati. 2021. 2 JET: Journal of Education and Teaching Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Era 4.0.

Zalviardi, Sanca. 2023. “Penggunaan Media Magic Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sisiwa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin.” Univeritas Jambi

Downloads

Published

2025-06-27

Issue

Section

Articles