PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-HUDA KOTA GORONTALO

Authors

  • Alfian Zakaria Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Arten Mobonggi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Apriliyanus Rakhmadi Pratama Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

kreativitas belajar, sikap belajar, kecerdasan emosional, akidah akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menentukan pengaruh kreativitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Kota Gorontalo. Metode  digunakan adalah pendekatan  kuantitatif menggunakan metode untuk uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda.  Sampel penelitian berjumlah 86  Siswa Kelas VII, VIII dan IX yang dipilih dengan menggunakan metode  random sampling  berdasarkan rumus Slovin.  Alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket yang disusun  menurut indikator  kreativitas belajar, kecerdasan emosional dan sikap belajar.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap sikap belajar dengan nilai  signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,507. Hal ini mengindikasikan bahwa Kreativitas belajar dan kecerdasan emosional memberikan sumbangan sebesar 50,7% dalam mempengaruhi variabel sikap belajar, serta sisanya 49,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Temuan ini memperkuat pendapat dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa kreativitas belajar dan kecerdasan emosional dapat berpengaruh terhadap sikap belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak.

References

Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional Mengapa EI lebih Penting daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama.

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, VIII(I), 1–19.

Muchlish Anshori. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Puspitasari, N., Relistian. R, L., & Yusuf, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565

Suryabrata, A. (2015). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-06-27

Issue

Section

Articles