PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-HUDA KOTA GORONTALO
Keywords:
kreativitas belajar, sikap belajar, kecerdasan emosional, akidah akhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh kreativitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Kota Gorontalo. Metode digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode untuk uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 86 Siswa Kelas VII, VIII dan IX yang dipilih dengan menggunakan metode random sampling berdasarkan rumus Slovin. Alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket yang disusun menurut indikator kreativitas belajar, kecerdasan emosional dan sikap belajar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap sikap belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,507. Hal ini mengindikasikan bahwa Kreativitas belajar dan kecerdasan emosional memberikan sumbangan sebesar 50,7% dalam mempengaruhi variabel sikap belajar, serta sisanya 49,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Temuan ini memperkuat pendapat dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa kreativitas belajar dan kecerdasan emosional dapat berpengaruh terhadap sikap belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak.
References
Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional Mengapa EI lebih Penting daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama.
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, VIII(I), 1–19.
Muchlish Anshori. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Puspitasari, N., Relistian. R, L., & Yusuf, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565
Suryabrata, A. (2015). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfian Zakaria, Arten Mobonggi, Apriliyanus Rakhmadi Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.