IMPLIKASI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBELARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 BULANGO SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO
Keywords:
Hidden Curriculum, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam, Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi hidden curriculum dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidden curriculum diterapkan melalui keteladanan guru, pengelolaan kelas yang inklusif, dan perhatian terhadap kebutuhan individual siswa. Implikasi dari penerapan ini meliputi terciptanya lingkungan belajar yang lebih kondusif, terbentuknya karakter siswa seperti empati, tanggung jawab, dan rasa saling menghargai, serta meningkatnya partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, hidden curriculum terbukti menjadi elemen penting dalam memperkuat pendidikan karakter melalui pembelajaran berdiferensiasi.
References
Abdul Rahman Saleh, ‘Pengertian, Manfaat, Dan Kelebihan Perpustakaan Digital’, 1945, 1–43.
Annisa Rizky Fadilla and Putri Ayu Wulandari, ‘Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan D’, 1.3 (2023), 34–46.
Arum Nastiti Sekar and Imron Rossidy, ‘Internalisasi Karakter Islami Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SMP Plus Al-Kautsar Malang’, 6, 1416–29.
Concilianus Laos Mbato, Pendidikan Indonesia Masa Depan : Tantangan, Strategi Dan Peran Universitas Sanata Dharma (Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2022).
Fadhallah, Wawancara (jakarta, 2021).
Haryoko Sapto, Bahartiar, and Fajar Arwadi, Analisis Data Penelitian (makassar: Kampus UNM Gunungsari, 2020).
Isop Syafei, Kurikulum Dan Pembelajaran (Jawa Barat: Widina Media Utama, 2025).
Isti Rahayu and Khoirul Anwar, ‘Hidden Curriculum PAI-BP Dan Tata Nilai Budaya Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan’, 2023, 334–45.
Meleong lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013).
Muhammad Al-Faridzi Matondang, Strategi Guru Pai Dalam Menerapkan Hidden Kurikulum Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Di Sdn 136539 Tanjungbalai Skripsi, 2020.
Novitasari Lenny, ‘E-Book Sebagai Literasi Digital ( Studi Media Aplikasi IMartapura Terhadap Minat Baca Masyarakat Kabupaten Banjar )’.
Rita Apriliani, Febri Fajar Pratama, and Hatma Heris Mahendra, ‘Analisis Implementasi Hidden Curriculum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Di SDN 3 Sukasari)’, IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2.2 (2024), 1028–33.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hastika Boham

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.