DARI KRISIS MENUJU INOVASI: STUDI KASUS PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN DIGITAL DAN RESILIENSI DALAM ADAPTASI BERKELANJUTAN
Keywords:
Krisis, Inovasi, Pembelajaran Digital, Resiliensi, Adaptasi BerkelanjutanAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus untuk mengeksplorasi mendalam resiliensi dan perkembangan pembelajaran berbasis digital di MTs Nabatussalam, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung. Tujuannya adalah menganalisis bagaimana institusi ini menunjukkan resiliensi dan mengembangkan pembelajaran digital sebagai respons terhadap "krisis," serta bagaimana adaptasinya dapat berkelanjutan. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam dengan dewan guru dan siswa/i MTs Nabatussalam untuk menggali strategi adaptasi mereka. Observasi partisipatif di lingkungan pembelajaran daring atau luring serta analisis dokumentasi sekunder (rencana pembelajaran, materi digital, laporan e-learning) melengkapi data yang terkumpul. Analisis data bersifat induktif, meliputi transkripsi, pengkodean, dan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola resiliensi, inovasi, dan adaptasi berkelanjutan di MTs Nabatussalam. Kredibilitas data dijamin melalui triangulasi sumber: wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa sejak 2017, MTs Nabatussalam berinovasi dalam pembelajaran digital, diawali dengan penggunaan ekstensif PowerPoint. Inisiatif ini, yang menjadi bukti resiliensi madrasah, didukung oleh semangat inovasi guru dan kesadaran akan pentingnya teknologi. Meskipun menghadapi kendala signifikan seperti keterbatasan dana, infrastruktur yang tidak memadai, seperti internet tidak stabil, perangkat keras terbatas, serta kurangnya SDM dan pelatihan guru, kemampuan mereka untuk terus beradaptasi telah mengubah krisis menjadi peluang adaptasi berkelanjutan
References
Adnyana, Putu Eka Sura, Andra Juansa, Erfina Rianty, Dewi Retno Sari Saputro, Andryadi Andryadi, Komang Redy Winatha, Yogi Yunefri, Mohamad Awal Lakadjo, Andri Gunadi, and Tri Na’imah. 2025. Pendidikan Abad Ke-21: Tantangan, Strategi Dan Inovasi Pendidikan Masa Depan. PT. Star Digital Publishing.
Ausat, Abu Muna Almaududi, Dewa Oka Suparwata, and Andriya Risdwiyanto. 2025. “Optimalisasi Digital Competence Sebagai Strategi Adaptasi Dinamis Wirausahawan Dalam Menghadapi Disrupsi Pasar Di Era Digital.” Jurnal Minfo Polgan 14(1):173–82.
Bakhriansyah, H. M., Vina Yulia Anhar, and Ihya Hazairin Noor. 2025. Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Pada Sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.
Delvira11, Aulia, and Zelhendri Zen Neviyarni. n.d. “TRANSFORMASI NILAI DAN NORMA PENDIDIKAN DASAR DI ERA TEKNOLOGI.”
Ditta Manullang, S. E., Aman Simaremare, and M. Pd Darwin. 2025. MODEL MANAJEMEN PELATIHAN LITERASI DIGITAL Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak. Penerbit P4I.
Fadhluzzakiyy, Kemas Ahmad, Fajri Ismail, and Mardiah Astuti. 2025. “Paradigma Inovasi Pendidikan Berkelanjutan: Analisis Literatur Terhadap Konsep Discovery, Invensi, Inovasi Dan Modernisasi Era Digital.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8(6):6546–57.
Faridah, Faridah, K. Sulfikar, Ahmad Yasser Mansur, and M. Zakaria Al Anshori. 2025. “RESILIENSI: MENJAGA KETAHANAN MENTAL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN HIDUP.” Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani 11(01):13–33.
Hidayatullah, Hengki Tri, and Muslihati Muslihati. 2025. “AI Literacy as a Catalyst for Future School Counselors: Enhancing Guidance and Counseling Services.” Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi 8(1):55–65.
Kusnanto, S. Pd, Candra Gudiato, M. Kom, Silvester S. Pd, Hendrikus Torimtubun, and Siprianus Jewarut SS. 2025. Resiliensi Keluarga Dan Pendidikan Anak SD: Perspektif Sosial Dan Kultural Di Wilayah Terpencil. Uwais Inspirasi Indonesia.
Muslichah, Ajeng Dafiq, Nisa Hanna Fazira, Nova Putri Anugrah, and Beny Dwi Lukitoaji. 2025. “Pengaruh Teknologi Pembelajaran Terhadap Pendidikan Global.” BASICA ACADEMICA: Jurnal Pendidikan Anak Sekolah Dasar 1(1).
Pebriana, Putri Hana, Ani Rosidah, and Nurhaswinda Nurhaswinda. 2025. “Peningkatan Literasi Digital Guru Untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digital.” Journal Of Human And Education (JAHE) 5(1):137–48.
Putra, Mujiono Sang. 2025. “Transformasi Pendidikan Di Era Digital Solusi Kreatif Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” JPSL: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Lingkungan 3(2):68–78.
Rafid, Rahmad, and Riski Febria Nurita. 2025. “Dinamika Pendidikan Dan Hukum Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Menghadapi Transformasi Teknologi.” MLJ Merdeka Law Journal 6(1).
Safitri, Febriani, Ramlah Ramlah, and William Sandy. 2025. Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Trismayanti, Regina, Putri Zahra Anandita, and Uday Salman Alfarisi. 2025. “Analisis Kritis Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka: Tantangan Dan Peluang Di Berbagai Jenjang Pendidikan.” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 10(2):567–74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh. Alfian Fahmi, A Azka Ardan Fikrussofa, Ahmad Lutfi Zainuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.