INOVASI DIGITAL YANG MENGUBAH CARA KITA BELAJAR DAN MENGAJAR
Keywords:
inovasi digital, pembelajaran daring, kesiapan pedagogis, transformasi pendidikan, teknologi PendidikanAbstract
Transformasi digital telah merevolusi berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Inovasi digital dalam bentuk platform pembelajaran daring, kecerdasan buatan, pembelajaran berbasis video, serta integrasi teknologi seperti Internet of Things (IoT) dan Virtual Reality (VR) telah mengubah cara guru mengajar dan siswa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh inovasi digital terhadap efektivitas proses pembelajaran, dengan fokus pada kesiapan pedagogis pendidik dalam mengadopsi teknologi digital. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis tematik terhadap berbagai jurnal internasional yang terbit dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa inovasi digital dapat meningkatkan motivasi, partisipasi, dan hasil belajar siswa, namun keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh kesiapan guru, dukungan kelembagaan, serta infrastruktur yang memadai. Tantangan utama meliputi kesenjangan digital, kurangnya pelatihan profesional bagi guru, serta resistensi terhadap perubahan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan implementasi inovasi digital dalam pendidikan sangat bergantung pada pendekatan yang holistik, mencakup kebijakan pendidikan yang mendukung, pengembangan kapasitas guru, dan penyediaan teknologi yang inklusif. Studi ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengambilan kebijakan dan praktik pembelajaran masa depan yang lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi.
References
Afriani, D. T. (2024). Peningkatan keterampilan digital guru. Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan, 105.
Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi Dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509
Apriadi, R. T., & Sihotang, H. (2023). Transformasi mendalam pendidikan melalui kecerdasan buatan: Dampak positif bagi siswa dalam era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31742–31748.
Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa Di Kelas Ix Unggulan Smp Pgri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 22–34. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989/0
Fajriah, T., & Ningsih, E. R. (2024). Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadap Interaksi Sosial di Era Digital. Merdeka Indonesia Journal International (MIJI), 4(1), 37–48.
Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.
Febi hardina, A. (2021). Tinjauan Konseptual Kanal Digital dan Perubahan Narasi: Penggunaan Instagram Sebagai Sumber Pembelajaran Digital. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v1i1.3
Habibi, D. D., Waskitaningtyas, N. C., Yusman, F. R., & Aulia, N. S. (2025). Membangun Pembelajaran Aktif Di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., Sofyan, & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 306–315. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.371
Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hertina, D., Nurhidaya, M., Gaspersz, V., Nainggolan, E. T. A., Rosmiati, R., Sanulita, H., Suhirman, L., Pangestu, L., Prisusanti, R. D., & Ahmad, A. (2024). Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital: Teori dan Penerapan. PT. Green Pustaka Indonesia.
Kalukar, V. J., Riasah, E. S., & Litta, L. (2025). Strategi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Kompetensi Komunikasi Bahasa Inggris Siswa Pendahuluan Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara manusia berkomunikasi , termasuk dalam bidang pendidikan . Media sosial , yang awalnya hanya dig. 6(4), 854–865.
Kirom, R. K. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI ( Studi Kasus di Kelas XI IPA Madrasah Aliyah 1 Kampar ).
Kusnanto, S. P., Gudiato, C., Kom, M., Usman, S. E., Blasius Manggu, S. E., & Sumarni, M. L. (2024). Transformasi Era Digitalisasi Masyarakat Kontemporer. Uwais Inspirasi Indonesia.
Marpaung, R. W. (2024). Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558.
Pebriana, P. H., Rosidah, A., & Nurhaswinda, N. (2025). Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 137–148.
Rhendica, R., & Budianto, K. (2024). Transformasi Manajemen Pendidika Transformasi Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital: Peran dan Tantangan Kecerdasan Buatan (AI). Borneo Journal of Islamic Education, 4(2), 203–217.
Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5033–5045.
Sahara, Y., & Rofiq, A. (2024). DIGITALISASI SISTEM MANAJEMEN SISWA DI MADRASAH SEBAGAI INOVASI IDENTITAS ISLAM. As-Sulthan Journal of Education, 1(2), 294–307.
Svari, N. M. F. D., & Arlinayanti, K. D. (2024). Perubahan paradigma pendidikan melalui pemanfaatan teknologi di era global. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(3), 50–63.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lailatul Badriyah, Kania Maharani, Muhammad Husain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.