TRANSFORMASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM: DARI KLASIK KE KONTEMPORER

Authors

  • Achmad Luthfi Zaenuri Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung Banyuwangi, Indonsia
  • A. Azka Ardan Fikrussofa Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung Banyuwangi, Indonsia
  • Minanulloh Muhtadi Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung Banyuwangi, Indonsia
  • Moh. Nur Fauzi Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung Banyuwangi, Indonsia

Keywords:

Transformasi pendidikan Islam, pemikiran klasik, pemikiran kontemporer, integrasi ilmu, tokoh pendidikan Islam, pendekatan hermeneutik, content analysis, reformasi kurikulum, tantangan global, pendidikan berkelanjutan

Abstract

Transformasi pemikiran pendidikan Islam dari era klasik ke kontemporer merupakan respons terhadap dinamika sosial, budaya, dan tantangan global yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam arah dan bentuk perubahan pemikiran pendidikan Islam dengan menelusuri kesinambungan antara nilai-nilai klasik dan tuntutan kontekstual kontemporer agar dapat melahirkan model pendidikan yang adaptif dan berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan (library research), yang menelaah karya-karya tokoh klasik seperti Al-Ghazali, Ibn Sina, dan Ibn Khaldun serta pemikir kontemporer seperti Fazlur Rahman, Syed Naquib al-Attas, dan M. Amin Abdullah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah literatur serta wawancara dengan praktisi pendidikan. Analisis data menggunakan pendekatan content analysis dan hermeneutik, dengan memetakan perkembangan ide dan menafsirkan konteks sosial yang melatarbelakanginya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun telah terjadi kemajuan signifikan dalam wacana pendidikan Islam melalui pendekatan integratif dan interdisipliner, namun implementasi di tingkat praksis masih menghadapi berbagai kendala struktural dan kultural. Diperlukan upaya sistemik untuk menjembatani antara pemikiran progresif dengan praktik zendidikan melalui reformasi kurikulum, pelatihan guru, dan perubahan budaya kelembagaan

References

Abdullah, M. A. (2006). Islam sebagai ilmu: Epistemologi, metodologi, dan etika keilmuan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.

Amin, M., & Haris, A. (2023). Transformasi Filsafat Pendidikan Islam: Merancang Strategi Inovatif Pendidikan Multikultural di Era Industri 4.0. Journal Multicultural of Islamic Education

Anindita, A. Y. (2024). Transformasi pendidikan Islam: Kepemimpinan kontemporer kepala madrasah dalam pengembangan sains dan teknologi di MTs Ar Rois Cendekia Semarang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Aryanti, M. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang. JEMI: Journal Edutama Multidisciplinary Indonesian.

Bourdieu, P. (1990). The logic of practice (R. Nice, Trans.). Stanford: Stanford University Press.

Fazlur Rahman. (1982). Islam and modernity: Transformation of an intellectual tradition. Chicago: University of Chicago Press.

Harahap, N. A., Triani, S. I., Fitri, K., & Zein, A. W. (2024). Evolusi pemikiran ekonomi Islam: dari era klasik hingga era kontemporer. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 276–282.

Haris, N., Damopolii, M., Adnan, A., & Pranata Wibawa, N. H. H. (2025). Perkembangan pemikiran filsafat pendidikan Islam periode klasik, pertengahan, modern dan kontemporer. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(3), 3867–3872.

Hayati, M., Putri, F., & Hafizh, M. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Perspektif Sosial dan Tantangan Kontemporer. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4).

Ida Rachmawati, N., & Astuti, N. Y. (2025). Implikasi pemikiran filsafat pendidikan Islam kontemporer dalam pengembangan metodologi pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 30–32.

Khan, S. M. (2012). Islamic education in the United States and the evolution of American Muslim identity. In Y. Haddad, F. Senzai & J. Smith (Eds.), Educating the Muslims of America (pp. 57–77). Oxford: Oxford University Press.

Kholidin, A., Masturin, & Kodriyah, I. N. L. (2025). Transformasi pemikiran pendidikan Islam di Indonesia dan kontribusinya terhadap sistem pendidikan nasional. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 1–16.

Kurniasih, A. (2021). Revitalisasi pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam.

Kurniasih, A. (2021). Revitalisasi pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–19.

Lupiah, K., Ali, S. N., & Sugiharto, S. (2025). Perkembangan pemikiran pendidikan Islam dari era klasik hingga era kontemporer. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 408–415.

Lupiah, Konita, Siti Nurhayati Ali, and Sugeng Sugiharto. "Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam dari Era Klasik Hingga Era Kontemporer." Sulawesi Tenggara Educational Journal 5.1 (2025): 408-415.

Muwafiqoh, A., & Ulum, K. (2023). Inovasi dan Transformasi Pendidikan Islam Melalui SKB 3 Menteri. Muwafiqoh: SAP (SINTA 3).

Nata, A. (2003). Pemikiran pendidikan Islam: Kajian tokoh-tokoh pendidikan klasik dan kontemporer. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Sutarto. (2023). Paradigma pendidikan Islam integrasi dalam kerangka pendidikan transformatif. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.

Wemayena, H. F. Y., Y., M. A., & M. N. (2024). Transformasi pendidikan Islam di pesantren pada era globalisasi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang.

Yahya, M. S. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran di Wilayah Banyumas. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Downloads

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles