IMPLEMENTASI ASESMEN AWAL TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK DI MA AL-FALAH LIMBOTO BARAT

Authors

  • Anatasya Zweta Denia Buahari Pendidikan Agama Islam, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai, Gorontalo, Indonesia
  • Lian G. Otaya Pendidikan Agama Islam, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai, Gorontalo, Indonesia
  • Syahrial Labaso Pendidikan Agama Islam, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai, Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Implementasi, Asesmen, Pembelajaran, berdiferensiasi

Abstract

Hasil penelitian ditemukan:  Implementasi asesmen awal di MA al-Falah dalam meningkatkan pemahaman siswa dilakukan dua bentuk yakni pada tahun ajaran baru dan ketika memasuki materi baru. Langkah penerapan implementasi asesmen awal oleh guru akidah akhak dimulai dengan tahap perencaan melaui menyusun soal dan memilih jenis tes yang sesuai dengan materi. Tahap kedua, pelaksanaan asesmen dengan teknik tes tertulis dan diskusi kelompok. Tahap ketiga, analisis dan pemetaan kemampuan siswa. Asesmen awal terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa sebab siswa merasa lebih siap dan mendapatkan gambaran materi yang akan diajarkan guru.  2) Hambatan dan kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan asesmen awal untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran akidah akhlak mencakup; Pertama, kurangnya kompetensi guru dalam penerapan pembelarajan berdiferensiasi.  Kedua, inkonsistensi guru dalam melakukan asesmen awal pada setiap bab baru. Ketiga, keterbatasan akses HP bagi siswa. Keempat keterbatasan waktu guru dalam pelaksanaan asesmen awal dan kelima, kurangnya pelatihan dan bimbingan terhadap guru

References

Fitriani Rahayu Ulfa Laulita, Marzoan, 2022 “Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan,” JPIn: Jurnal Pendidik IndonesiaJurnal Pendidik Indonesia 6, no. 2. 63-69.

Ermiyanto Ermiyanto, Iman Asroa B.S, and Asnelly Ilyas, “Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 4 Padang Panjang,” Manazhim 5, no. 1 (February 1, 2023): 166–77. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2845

Hardani Ahyar and Dhika Juliana Sukmana, 2020 “Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Seri Buku Hasil Penelitian View Project Seri Buku Ajar View Project” yogyakarta, https://www.researchgate.net/publication/340021548

Murdjia, Rahardjo, 2010. Trigulasi dalam Penelitian Kualitatif”, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Grisma Yuli Arta, 2024. Asesmen Dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, Dan Fungsi", Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3.3. 174

Hazni, Fitriah Hayati, and Yeni Mutiawati, 2023. Analisis Kegiatan Main Peran Makro Untuk Menstimulasi Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cinta Ananda Banda Aceh", Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4.1. 4.

Muhammad Rijal Fadli, 2021. Eksploitasi Seksual Komersial Anak Di Indonesia, Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21.1. 35

Rhea Aquilla Fawaz, 2023. "Implementasi Evaluasi Pembelajaran Di RA/TK ", Early Stage: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.2. 94

M Ammar Ramadhani, 2022. "Implementasi Mutu Pendidikan Dalam Pembelajaran ", Profesi Kependidikan, 1.1, .1

Hasnah Windari and others, 2023. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Islam", Jurnal At - Ta’lim, 2.2. 128

Downloads

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles