STRATEGI MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0
Keywords:
Pendidikan Islam, strategi, eksistensi, Industri 4.0, Society 5.0Abstract
Pendidikan Islam di era industri 4.0 society 5.0 menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan eksistensinya. Perkembangan teknologi yang cepat dan perubahan sosial yang signifikan memerlukan strategi yang tepat untuk memperkuat eksistensi pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dalam memperkuat eksistensi pendidikan Islam di era industri 4.0 society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif dalam memperkuat eksistensi pendidikan Islam di era industri 4.0 society 5.0 adalah dengan mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses pembelajaran, meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan, serta memperkuat kurikulum pendidikan Islam yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa pendidikan Islam harus beradaptasi dengan perubahan sosial dan teknologi yang cepat, serta harus mampu menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, pendidikan Islam dapat mempertahankan eksistensinya dan tetap relevan di era industri 4.0 society 5.0
References
Malik Fadjar, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Fajar Dunia, 1999)
Nuryani, D., & Handayani, I. (n.d.). KOMPETENSI GURU DI ERA 4.0 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.
Muhaimin. (2003). Wacana pengembangan pendidikan Islam. Pustaka Pelajar
Farid Ahmadi dan Hamidulloh Ibda. (2020). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Perpusnas.
Budi Winarno. (2016). Kebijakan Publik Era Globalisasi (Teori, Proses dan Studi Kasus Kompratif). CAPC (Center of Academic Publishing Service).
Retnaningsih, D. (2019). Tantangan dan Strategi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.
Suryadi, Ace, Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran,” Pendidikan Terbuka Jarak Jauh 8, no. 1 (2007): 92
Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz, 2006.
Tian Wahyudi, “Penguatan Literasi Digital Generasi Muda Muslim Dalam Kerangka Konsep Ulul Albab,” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (December 31, 2021): 169, https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.368
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ikhwan Maulana, Rizky Ananda Putra, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.