ISLAM DAN HAK ASASI MANUSIA
Keywords:
Al-Huquq wa Al-Wajibat, Hak Asasi Manusia (HAM), Kontradiksi Syariah dan HAM, Maqasid al-Syariah, Tafsir Maudhu’i (Tafsir Tematik)Abstract
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, meliputi kajian pustaka dan metodologi tafsir maudhu'i (tafsir tematik), untuk mengkaji pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) dari perspektif Islam. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji persepsi tentang pertentangan antara syariat Islam dan hak asasi manusia, sekaligus untuk memahami bagaimana Islam memandang hak asasi manusia dan membandingkannya dengan gagasan hak asasi manusia Barat. Maqasid al-syariah, yang melindungi lima aspek hakiki eksistensi manusia, agama (hifz al-din), jiwa (hifz al-nafs), akal (hifz al-aql), keturunan (hifz al-nasl), dan harta (hifz al-mal) merupakan cara Islam memperkenalkan gagasan hak asasi manusia jauh sebelum Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia tahun 1948, menurut temuan kajian ini. Hak asasi manusia dalam Islam bersifat teosentris dan berakar pada wahyu ilahi, berbeda dengan hak asasi manusia Barat yang berasal dari sekuler. Banyak ayat dalam Al-Qur'an dan yang menjunjung tinggi hak asasi manusia yang fundamental, termasuk hak untuk hidup, kebebasan beragama, harga diri, keadilan, dan kesejahteraan sosial. Menurut penelitian ini, kurangnya kontekstualisasi dalam penerapan hukum Islam dan pemahaman yang dangkal terhadap ajaran-ajarannya lebih menjadi penyebab konflik yang dirasakan antara kedua kerangka hukum ini. Islam pada dasarnya konsisten dengan konsep-konsep hak asasi manusia global, menurut para ulama seperti Quraish Shihab, Rasyid Rida, Fazlur Rahman, dan Hamka. Karena didasarkan pada cita-cita ilahi, Islam bahkan menawarkan fondasi yang lebih kuat. Menurut prinsip Islam al-huquq wa al-wajibat, hak selalu disertai dengan kewajiban untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan individu dan kolektif
References
Abdi, S. (2002). Mengurai Kompleksitas Hubungan Islam, HAM dan Barat. Unisia, 25(44), 70–83. https://doi.org/10.20885/unisia.vol25.iss44.art6
Abdillah, M. (2014). ISLAM DAN HAK ASASI MANUSIA: Penegakan dan Problem HAM di Indonesia. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(2), 374–394. https://doi.org/10.30821/miqot.v38i2.68
Alfaruqi, D. (2017). Korelasi Hak Asasi Manusia dan Hukum Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 4(1), 57–76. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v4i1.7869
Alkhiri, T. A. (2022). Human and Civilizational Aspects of Islamic Values in Human Rights. Dialogia, 20(2), 333–359. https://doi.org/10.21154/dialogia.v20i2.4243
Asasi, H., & Dalam, M. (2018). HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM Hafniati Fakultas Agama Islam ( FAI ) Universitas Ibnu Chaldun ( UIC ) Jakarta Jl . Pemuda I Kav . 97 Rawamangun Jakarta Timur Email : hafzul74@gmail.com A . Pendahuluan Agama Islam adalah agama terakhir yang diturunkan oleh . 13(2).
Dahlia H. Mo’u. (2003). Hak Asasi Manusia (HAM) Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Al-Syiri’ah, Vol 1 No 1.
Harahap, R. H., & Harahap, R. B. (2022). Maqashid Ash-Sharia Principles In Child Protection. Jurnal El-Thawalib, 3(4), 691–701. https://doi.org/10.24952/el-thawalib.v3i4.5945
Hazin, M., Rahmawati, N. W. D., & Shobri, M. (2021). Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Maqashid Al-Syari’Ah. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 101–114. https://doi.org/10.37348/cendekia.v7i1.123
James W, Elston D, T. J. et al. (20 C.E.). Sejarah dan Perkembangan HAM. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 18–40.
Moh, S. (n.d.). Hak Asasi Manusia Dalam Perspekftif Islam. Staiarrosyid, 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Nur, A. (2017). Hak Asasi Manusia Perspektif Hukum Islam. Syariah Dan Hukum Diktum, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Righayatsyah, E., & Muhyi, A. A. (2024). Islam dan Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Al- Qur’an: Kajian Tafsir Tematik. Bulletin of Islamic Research, 2(2), 267–288. https://doi.org/10.69526/birv2i2.35
Rizal, M., & Bahri, A. H. (2022). Imam Al-Shafi’i’s Thought About Human Obligations and Rights in Islamic Law. Mazahibuna, 4(1), 49–70. https://doi.org/10.24252/mh.vi.25461
Suhaili, A. (2019). Hak Asasi Manusia (HAM) Dalam Penerapan Hukum Islam Di Indonesia. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 2(2), 176–193. https://doi.org/10.35132/albayan.v2i2.77
Ummah, M. S. (2019). Islam dan Hak Asasi Manusia. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Ham, Gender Dan Demokrasi. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aliya Fatimatuz Zahra, Guntur Saputra, Mujahid ‘Abid Fadhlullah, Asep Abdul Muhyi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.