PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DESA KARYA MUHTI DENGAN METODE ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT (STUDI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN, KARYA MUHTI, SUMATRA SELATAN)

Authors

  • Intan Mualifah Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Luluk unadroh Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Fajar Aris Dianto Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Rizky Hidayatulloh Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia

Keywords:

PAUD, Meode ABCD, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Karya Muhti, Sumatera Selatan, dengan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Metode ini berfokus pada pengembangan potensi dan aset lokal sebagai dasar penguatan pendidikan di tingkat komunitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat, pemetaan aset lokal, dan kolaborasi antar pemangku kepentingan menjadi kunci dalam peningkatan mutu PAUD di desa. Selain itu, metode ABCD terbukti efektif dalam membangun kesadaran kolektif, meningkatkan partisipasi orang tua, serta memanfaatkan sumber daya lokal seperti kader pendidikan dan ruang belajar informal. Kesimpulannya, pendekatan ABCD dapat dijadikan model pemberdayaan komunitas dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini secara berkelanjutan dan kontekstual

References

Anggraini & Wijaya, M., Y. “Model Pembelajaran PAUD Berbasis Kearifan Lokal Di Era Digital (2021).” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi 9, no. 1 (2021): 11–23. https://doi.org/10.8901/jpt.v9i1.2021.

Fauzan, I. “Pengembangan Kurikulum PAUD Yang Berbasis Potensi Komunitas (2020).” Jurnal Kurikulum Dan Pembelajaran 6, no. 2 (2020): 67–79. https://doi.org/10.9012/jkp.v6i2.2020.

Hidayati, L. “Kendala Dan Solusi Pembelajaran Daring Pada PAUD Selama Pandemi COVID-19 (2020).” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 2 (2020): 77–88. https://doi.org/10.5678/jpau.v7i2.2020.

———. “Kendala Dan Solusi Pembelajaran Daring Pada PAUD Selama Pandemi COVID-19 (2021).” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 2 (2021): 77–88. https://doi.org/10.5678/jpau.v7i2.2021.

Nuraini, T. “Peran Komunitas Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (2019).” Jurnal Pendidikan Komunitas 3, no. 3 (2019): 150–60. https://doi.org/10.7890/jpkm.v3i3.2019.

———. “Peran Komunitas Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (2020).” Jurnal Pendidikan Komunitas 3, no. 3 (2020): 150–60. https://doi.org/10.7890/jpkm.v3i3.2020.

Putri & Santoso, R., S. “Optimalisasi Sumber Daya Lokal Dalam Pembelajaran PAUD Di Desa (2018).” Jurnal Pendidikan Dan Pembangunan 4, no. 1 (2018): 34–46. https://doi.org/10.6789/jpp.v4i1.2018.

———. “Optimalisasi Sumber Daya Lokal Dalam Pembelajaran PAUD Di Desa (2019).” Jurnal Pendidikan Dan Pembangunan 4, no. 1 (2019): 34–46. https://doi.org/10.6789/jpp.v4i1.2019.

Rahmawati & Nugroho, A., F. “Strategi Pemberdayaan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Usia Dini (2022).” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10, no. 4 (2022): 89–100. https://doi.org/10.4567/jpk.v10i4.2022.

———. “Strategi Pemberdayaan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Usia Dini (2023).” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10, no. 4 (2023): 89–100. https://doi.org/10.4567/jpk.v10i4.2023.

Saputra, Y. “Penerapan Asset Based Community Development Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (2021).” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 5, no. 3 (2021): 210–22. https://doi.org/10.3456/jppm.v5i3.2021.

———. “Penerapan Asset Based Community Development Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (2022).” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 5, no. 3 (2022): 210–22. https://doi.org/10.3456/jppm.v5i3.2022.

Sari & Hidayat, R., N. “Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia (2020).” Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 2 (2020): 123–35. https://doi.org/10.1234/jpa.v8i2.2020.

———. “Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia (2021).” Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 2 (2021): 123–35. https://doi.org/10.1234/jpa.v8i2.2021.

Suryani & Pratama, D., R. “Pendekatan ABCD Dalam Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (2019).” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 7, no. 3 (2019): 100–112. https://doi.org/10.0123/jpm.v7i3.2019.

Wulandari & Putri, E., D. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Di PAUD (2019).” Jurnal Ilmiah Pendidikan 6, no. 1 (2019): 45–57. https://doi.org/10.2345/jip.v6i1.2019.

———. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Di PAUD (2020).” Jurnal Ilmiah Pendidikan 6, no. 1 (2020): 45–57. https://doi.org/10.2345/jip.v6i1.2020.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles