DESENTRALISASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SISTEM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Olga Navelia Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nadia Rihadatul Aisy Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Abdul Azis Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Keywords:

Islam, desentralisasi, pendidikan islam, implikasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji lebih dalam mengenai desentralisasi pendidikan terhadap pengembangan sistem pendidikan islam di Indonesia berdasarkan kebijakan otonomi daerah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis desentralisasi pendidikan yang mempengaruhi lembaga pendidikan islam khususnya madrasah dalam hal pengelolaan kurikulum, pendanaan, dan kelembagaan. Metode yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka yang mengambil sumber data dari literatur buku maupun artikel ilmiah yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan desentralisasi memberikan peluang yang strategis dalam pengembangan pendidikan islam, tetapi dalam pelaksanaannya masih mengalami tantangan seperti keterbatasan kelembagaan, lemahnya pengawasan, rendahnya kualittas sumber daya manusia, dan kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap pendidikan islam. Selain itu, pelaksanaan kebijakan juga cenderung sebagai simbolik dan belum menyentuh substansi pendidikan islam. Ketimpangan dalam distribusi sumber daya dan kebijakan antar daerah juga memperbesar adanya kesenjangan kualitas antar lembaga pendidikan islam. Oleh karena itu, desentralisasi belum sepenuhnya memberikan dampak yang positif terhadap pendidikan islam bila tidak didukung oleh kesiapan institusi, perencanaan teknis, dan komitmen politik.

References

Abidin, U. K. (2022). Problematika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Journal of Education and Religious Studies, 2(3), 88–94.

Aini, M. (2022). Desentralisasi Pendidikan Madrasah Melalui Otonomi Daerah Di Indonesia. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(1), 95–106.

Alfian, M. Z. (2022). Aktualisasi Manajemen Peningkatan Mutu Pengawas Berbasis Madrasah di MAN 1 Jember. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 65–85.

Athiyah, C. U. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah sebagai Alternatif Desentralisasi Pendidikan di MAN 4 Jakarta. Andragogi, 7(1), 130–145.

Basri, H., & Arifin, Z. (2021). OTONOMI PENDIDIKAN ISLAM: TANTANGAN DAN HARAPAN. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 135–153.

Erdayani, R., Afandi, M., & Afandi, S. A. (2023). Analisis Kebijakan Desentralisasi Pendidikan Indonesia. Ministare: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 5(3), 55–58.

Firnanda, R. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH NOMOR 54 TAHUN 2016 DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KABUPATEN SAROLANGUN [Skripsi].

Hakim, A. (2023). PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM OTONOMI DAERAH. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 845–855.

Hisban, H. (2017). KONTRIBUSI KEBIJAKAN DESENTRALISASI PENDIDIKAN TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA PALOPO. Al-Qalam, 23(2). https://doi.org/10.31969/alq.v23i2.431

Kelana, A. P. (2015). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DESENTRALISASI PENDIDIKAN DALAM KONTEKS PEMERINTAHAN ACEH. JURNAL LENTERA, 15(13), 1–11.

Marwa, K., & Wahyudi, A. D. (2024). Peran Guru PAI dalam Program Roots Day untuk Mengatasi Perundungan di Sekolah. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 4(2), 151–165.

Naim, Z. (2014). Implikasi Desentralisasi Pendidikan pada Pengembangan Pendidikan Islam. TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 143–157.

Priatmoko, S. (2018). MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4.0. Dalam Jurnal Studi Pendidikan Islam (Vol. 1, Nomor 2). https://eduaksi.com/pendidikan-4-0-apa/,

Rahim, A. (2017). DISENTRALISASI PENDIDIKAN NASIONAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 75–85.

Ridwan, I., & Sumirat, I. R. (2021). Kebijakan desentralisasi pendidikan di era otonomi daerah. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 7(1).

Rifa’i, M. (2017). Kebijakan Pendidikan Islam dalam Era Otonomi Daerah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 99–114.

Solehudin, S. (2023). TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERUBAHAN KEBIJAKAN. Edumanajerial: Journal of Educational Management, 1(1).

Sumpena, S., Nurhamidah, S., & Hilman, C. (2022). Kebijakan desentralisasi pendidikan dan implementasinya dalam pendidikan di Indonesia. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 41–51.

Varliah, Nasir, & Agustan. (2024). Analisis Penyelenggaraan Desentralisasi Pendidikan di Kabupaten Pinrang (Analysis of the Implementation of Educational Decentralization in Pinrang District). Journal of Governance Laboratory Pancasakti University, Makassar, 1(1), 49–55.

Yufarika, S. D. (2023). Tantangan Dunia Pendidikan dan Implikasinya terhadap Perubahan Kebijakan. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 156–161.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles