HIJAB: ISLAM, CADAR, JILBAB, DAN BURQA (Perspektif Al-Qur’an Analisis Tafsir Maudhu’i)
Keywords:
Islam, Cadar, Jilbab, BurqaAbstract
Penelitian ini mengkaji landasan pemikiran Islam tentang penggunaan cadar, jilbab, dan burqa melalui metode tafsir maudhu'i dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka. Hasil analisis terhadap Al-Qur'an, Hadis, dan pandangan ulama menunjukkan bahwa busana-busana tersebut merupakan bentuk ekspresi iman dan identitas dengan dimensi spiritual dan sosial. Di Indonesia, perdebatan mengenai penggunaannya terus berlangsung dalam berbagai sektor. Kajian menyimpulkan pentingnya pemahaman seimbang terhadap fenomena ini, dengan tetap menekankan esensi syariat Islam pada nilai kesopanan, kehormatan, dan perlindungan perempuan untuk menghindari polarisasi yang merugikan hak perempuan Muslim
References
Abhirama, M. D., & Amanda, N. R. (2024). ISLAM, CADAR, JILBAB DAN BURQA MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN. An Najah Journal Pendidikan Isam Dan Sosial Agama, 03(04).
Ahmad Zaini Dahlan, L. (2017). Kamus Al-Qur’an. Pustaka Khazanah Fawa’id.
As-Suyuti, I., Syahril Andi Muhammad, & Yasir, M. (2014). Asbabun Nuzul.pdf.
Akib, I., & Ibrahim, M. (2017). Perilaku Beragama dalam Memaknai Ritual Budaya. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, 5(1), 169–175. https://media.neliti.com/media/publications/70308-ID-fenomena-plagiarisme-mahasiswa.pdf
Amaliah, S., Rafidah, S. A., & Seffi, Y. P. (2024). Pemahaman Jilbab , Cadar , Dan Burqa Dalam Al-. An-Najah, 03(04), 85–96.
AN-NAJAH. (2024). 03(04).
Anwar Musaddad. (2008). Hubungan Antara Jilbab Dan Perilaku Islami (Studi Kasus Santriwati Pesantren Madinatunnajah Tangerang). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/18883/1/ANWAR MUSADDAD-FDK.pdf
Arrasyidi, A., Abdul, A., Kh, H., Fauzan, A., Rahman, A., Anwar, R., Muhyi, A. A., Ilmu, J., Qur, A.-, & Ushuluddin, F. (2023). Isu Kontemporer Tren Fashion. Gunung Djati Conference Series, 25, 1–18.
Darmalaksana, W. (2020). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2(1), 1–8.
Faiz, M. T. I. (2022). Fenomena Hijab Dan Cadar Dalam Masyarakat (Studi Hadis Hijab Dan Cadar). As-Syifa: Journal of Islamic Studies and History, 2(1), 12–28. https://doi.org/10.35132/assyifa.v2i1.274
Hamka. (1965). Tafsir Al-Azhar Jilid 08.
Jahidin, T. (2023). Praktik Walimatul Ursyi dan Relevansinya dengan Perkembangan Hukum Islam. JURNAL USM LAW REVIEW, 6(2), 741–751.
M.Syarif Hidayat 2021. (2021). 6(1), 1–22.
Maharani, D. A. Y., & Burhanudin, J. (2025). Literatur ReviewHijab: Antara Tren Dan Syariat Di Era Kontemporer. JURNAL BESTI (Business Digi Talk of Innovations), 01(01).
Marinda, L. (2019). Komodifikasi Jilbab Dalam Sejarah Peradaban Manusia. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 12(2), 240–262. https://doi.org/10.35719/annisa.v12i2.21
Mujahidin, M. (2019). Cadar: Antara Ajaran Agama dan Budaya. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 3(1), 11. https://doi.org/10.30829/juspi.v3i1.3142
Mulyani, I. F. (2024). Pandangan Amina Wadud Tentang Jilbab.
Mutiah, T. (2017). Fenomena Hijabers Kontemporer Menggunakan Media Sosial Instagram Dalam Membentuk Identitas. Jurnal Komunikasi, 8(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2115
NASUTION, N. E. F. (2019). PROBLEMATIKA CADAR DALAM PERUBAHAN SIKAP DI KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA (UINSU). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Nuroniyah, W. (2017). DEKONSTRUKSI HIJAB (Kajian Sosio-Historis terhadap Konstruksi Hukum Hijab dalam Islam). Al-Manahij, 11(02), 6.
Qasthalani, M. (2014). KONSEP HIJAB DALAM ISLAM M. Qasthalani. Nizam, 4(01), 143–157.
Quthb, S. (1965). Tafsir Fi Dzilalil Qur’an Jilid 09.
Rahmawaty. (2024). HUKUM MEMAKAI CADAR MENURUT IMAM MAZHAB. I’tisham : Journal of Islamic Law and Economics, 4(1), 1–15.
Ramadana, R. (2022). Hadis Hijab Pandangan Kontemporer: Studi terhadap Pemahaman Fatima Mernissi, Quraish Shihab, dan Muhammad Syahrur. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(1), 86–112. https://doi.org/10.15575/jpiu.13562
Rohim, A. (2022). Jilbab Antara Orisinalitas Dan Produk Budaya (Perspektif Al Asl Wa Al DakhiL Fi Al Tafsir). JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 418–432. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3524
Rohmaniyah, N., Rusli, R., Sani, A., & Sholikhin, A. (2023). Jilbab: Ajaran Agama, Budaya dan Peradaban. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 18(1), 49–61. https://doi.org/10.31603/cakrawala.8513
Rudwi Hantoro, R., Rosnawati, R., Saripuddin, S., Milasari, M., Lias Hasibuan, & Kasful Anwar Us. (2022). Modernisasi dan Enkulturasi Budaya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 473–489. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.56
Safrudin, A. H. (2023). JILBAB DALAM PERSPEKTIF MUHAMMAD SA’ID AL-‘ASYMAWI DAN ABU AL-A’LA AL-MAUDUDI. Jurnal Al Karim: Jurnal Pendidikan, Psikologi Dan Studi Islam, 8(2), 12–26.
Salamah, S. G. (2015). PERKEMBANGAN HIJAB PADA MASA PRA ISLAM, ISLAM SAMPAI MODERN (Vol. 151).
Shihab, M. Q. (2001). Tafsir Al-Misbah Jilid 09 (Vol. 9).
Sodikin, R. A. (2003). Konsep agama dan islam. Al-Qalam, 20(07).
SOLEHA, R. (2024). PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR TENTANG JILBAB (STUDI PENDEKATAN HERMENEUTIKA GADAMER) (Vol. 15, Issue 1).
Umar, N. (2010). Fikih Wanita Untuk Semua.
Wijaya, A., Fatihin, A. A. K., & Subhan, A. (2019). Islam Dan Penutup Aurat: Kajian Tafsir Maudhu’i Tentang Cadar, Jilbab, Dan Burqa. Journal of Society and Developement, 3(2), 71–78.
Yahya, A., Yusuf, K. M., & Alwizar, A. (2022). Metode Tafsir (al-Tafsir al-Tahlili, al-Ijmali, al-Muqaran dan al-Mawdu’i). Palapa, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i1.1629
Yanti, Z. (2022). Reinterpretasi Ayat Jilbab Dan Cadar: Studi Analisis Ma’Na Cum Maghza Atas Q.S Al-Ahzab Ayat 59 Dan Q.S an-Nur Ayat 31. El-Maqra’ Ilmu Al-Qur’an, Hadis Dan Teologi, 2(1), 98–106.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Farhan Zein, Didin Nurwahidin, Suci Rahmawati, Sherly Afiyani Nurhidayati, Asep Abdul Muhyi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.