PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
Keywords:
Peran Pendidikan Agama Islam, KarakterAbstract
Pendidikan selain itu juga memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap terciptanya karakter siswa di setiap zamannya, terlebih lagi pendidikan dalam era global, di mana dapat dijadikan alat penyaluran ilmu bagi siapa saja dan dengan cakupan yang sangat luas, termasuk di dalamnya pendidikan agama Islam sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku siswa yang dapat menjelma menjadi karakter, sehingga menjadi kebiasaan dalam kehidupan bermasyarakat. Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa dilakukan melalui kegiatan, pertama, intrakurikuler, dalam kegiatan ini, guru menyisipkan karakter dan dalam proses belajar-mengajar di semua mata pelajaran, yaitu Al-Qur’an, hadis, fikih, sejarah kebudayaan Islam, bahasa Arab, akidah, dan akhlak. Guru terhubung langsung dengan materi karakter. Kedua, ekstrakurikuler, meliputi membaca Al-Qur’an menggunakan metode literasi digital, menghafal Al-Qur’an, khitabah, hadrah, dan kaligrafi. Dua jenis kegiatan ini, dibangun beberapa karakter, seperti religius, jujur, gemar membaca, bertanggung jawab, mandiri, menghargai prestasi, peduli sosial, dan kerja keras. Para siswa dengan memiliki karakter tersebut siap menghadapi era global
References
Arif, Arifuddin. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultura, 2008.
Aziz, Mursal., Ashshiddiqi, M. Hasbie., dan Mahariah. Ekstrakurikuler PAI (Pendidikan Agama Islam) dari membaca Al-Qur’an sampai Menulis Kaligrafi. Banten: Media Madani, 2020.
Hadianto, Nurul Aini., Sinaga, Ririn Syahru., dan Sofiyyah. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur pada Peserta Didik.” Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran 2, No. 1, (2023).
Lisnawati. “Urgensi Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Muta’aliyah: Journal of Islamic Education (JIE) 6, No. 1, (2021).
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Ratnasari, Khurin’in., Permatasari, Yovita Dyah., dan Sholihah, Mar’atus. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Sosial dalam Bermasyarakat.” Falasifa: Jurnal Studi Keislaman 11, No. 2, (2020).
Salsabilla, Maghrifa., Chaerani, Najwa Izzati Putri., dan Putri, Nanda Aditya. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak pada Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan 20, No. 1, (2022).
Siswanto. Pendidikan Islam dalam Dialektika Perubahan. Surabaya: Pena Salsabila, 2015.
Somad, M. Abdul. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak.” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13, No. 2, (2021).
Zuchdi, Darmiyati., Prasetya, Zuhdan Kun., dan Masruri, Muhsinatun Siasah. Model Pendidikan Karakter: Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vista Firda Sari, M.Pd.I

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.