PENGALAMAN PENDIDIK DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI TAUHID DAN KARAKTER KE DALAM METODE PENDIDIKAN DASAR ISLAM

Authors

  • Radhita Maharani Ramli Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Usman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Era kontemporer, Inovasi Pendidikan, Pendidikan dasar Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman para pendidik dalam mengintegrasikan nilai tauhid dan karakter ke dalam metode pendidikan dasar Islam. Nilai tauhid merupakan fondasi utama dalam Islam yang mendasari seluruh aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam konteks pendidikan dasar Islam, nilai tauhid harus menjadi pusat pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, serta pembentukan karakter peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap sejumlah guru di lembaga pendidikan Islam, penelitian ini menemukan bahwa integrasi nilai tauhid dan karakter dilakukan melalui pendekatan kontekstual, keteladanan guru, pembiasaan kegiatan keagamaan, serta penyisipan nilai spiritual dalam berbagai mata pelajaran, baik agama maupun umum. Selain itu, pendidikan karakter Islam yang meliputi nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan kerja sama dikembangkan secara simultan dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki kesadaran tinggi dalam menjadikan nilai tauhid sebagai landasan utama pembelajaran, meskipun masih menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan pelatihan, kurikulum yang belum sepenuhnya integratif, dan kurangnya sinergi antara sekolah dan lingkungan rumah. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan institusional dan kolaboratif agar praktik integratif ini dapat diperkuat dan direplikasi secara lebih luas. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan model pendidikan Islam berbasis nilai tauhid dan karakter dalam membentuk generasi Muslim yang beriman, berakhlak, dan berdaya saing

References

Ardiansyah, B., et al. (2025). Analisis integrasi dan peran tauhid dalam pembelajaran di sekolah. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 12(1), 15-34.

Azhari, M. (2024). Integrasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman di madrasah: Implementasi dan evaluasi. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 5(2), 50-70.

Basri, H. (2021). Integrasi nilai-nilai tauhid pada pelajaran sains bagi siswa sekolah dasar Islam terpadu. Pusat Jurnal Mahasiswa, 7(3), 88-105.

Hasan, M. (2023). Spiritualisasi kurikulum dalam pendidikan Islam: Pendekatan integratif nilai tauhid (hlm. 45-67). Jakarta: Pustaka Al-Hikmah.

Lentera24.com. (2024). Integrasi nilai tauhid dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Lentera24.com. Diakses dari https://www.lentera24.com/integrasi-nilai-tauhid

Nurhayati, R. (2022). Pendidikan karakter berbasis keteladanan dalam lembaga pendidikan Islam (hlm. 102-130). Yogyakarta: Penerbit Sunan Kalijaga.

Rofi’ah, S. H. (2020). Integrasi nilai-nilai karakter Islam dalam pembelajaran sains di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 23-42.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles