PENDIDIKAN DASAR ISLAM DI ERA KONTEMPORER: TANTANGAN, INOVASI, DAN ARAH PERKEMBANGAN DI INDONESIA
Keywords:
Era kontemporer, Inovasi Pendidikan, Pendidikan dasar IslamAbstract
Pendidikan dasar Islam menjadi pilar utama dalam pembentukan karakter generasi muda di tengah derasnya arus globalisasi dan perkembangan teknologi. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis respons pendidikan dasar Islam terhadap tantangan zaman serta mengkaji arah pengembangan yang ideal agar tetap relevan dan transformatif. Tujuan lainnya adalah menggali strategi inovatif yang mampu memperkuat posisi pendidikan Islam dalam membentuk peserta didik yang beriman, berilmu, dan berakhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif melalui studi literatur dari sumber-sumber ilmiah antara tahun 2010 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan dasar Islam telah mengadopsi berbagai inovasi, seperti integrasi kurikulum, penggunaan teknologi pembelajaran, dan penguatan pendidikan karakter. Namun, tantangan besar masih dihadapi dalam hal infrastruktur, kualitas tenaga pendidik, dan keterbatasan sumber daya di berbagai wilayah. Oleh karena itu, pendidikan Islam dituntut untuk adaptif secara sistemik tanpa kehilangan nilai-nilai inti keislaman. Rekomendasi utama adalah perlunya peningkatan kapasitas guru, pengembangan kurikulum integratif yang kontekstual, serta kolaborasi lintas sektor untuk mendukung ekosistem pendidikan yang inklusif dan berdaya saing.
References
Anisa, L. N. (2024). Pengembangan Kurikulum PAI di Madrasah. Edumanajerial: Journal of Educational Management, 2(2), 60–77. https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.299
Akbar, M. K., Harahap, A. C., Hilfaziah, P., Sinaga, A., Pendidikan, S., Islam, A., Muhammadiyah, U., Utara, S., History, A., & License, I. (2025). TANTANGAN DAN INOVASI PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 13(2).
Atsani, L. M. Z. (2023). Relevansi Konsep Pendidikan Islam TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Era Kontemporer. AL-MUNAWWARAH : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 15(I), 1–19.
Bahri, Syamsul. “Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam6, no. 2 (2022): 133–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i2.1592.
Fatoni, M. H. (2024). Arah Masa Depan Pendidikan Islam Indonesia Di Era Society 5 . 0. Jurnal At-Tanbih: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 1(2), 1–20. https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/tanbih/article/view/atanbihvol1no220244/125.
Hayati, M., Putri, F., Hafizh, M., Program Studi, M. S., Agama Islam, P., Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, U. M., & Program Studi, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Perspektif Sosial dan Tantangan Kontemporer. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 224–235. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.797
Hidayah, H. H. (2023). Pengertian , Sumber, Dan Dasar Pendidikan Islam. Jurnal As-Said, 3(1), 21–33. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/141.
Hidayat, Syarif. “Al-Qur’an Dan Tantangan Society 5.0.” Saliha5, no. 1 (2020): 1–24. https://doi.org/10.54396/saliha.v3i2.77.
Indriana, N., Ridwan, M., Hisniati, S. B., Abdullah, A., Hasanah, A., & Ali, B. S. (2024). Islamic education in the digital era: Building the mental health of Generation Z for a quality future. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 7(1), 243–251.
Jamil, S. (2021). Tradisi Dan Inovasi Dalam Pendidikan Islam: Menjaga Identitas Di Zaman Modern. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 90–93. https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.11237.
M. Ruslan AL-Ulum, W. (2025). Membangun Keterampilan Abad 21 pada PAI dengan Pembelajaran Kolaboratif dan Pemikiran Kritis. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 5(April), 74–82.
Mohammad Ridwan, Y. M. R. (2023). Dinamika Pendidikan Islam: Antara Kearifan Tradisi, Perubahan Transisi, dan Transformasi Modernisasi. HASBUNA-JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 3(1), 887–850.
Mubarok Tambak, H., Rajab, H., Faisal, M., Rokan Bagan Batu, S., & Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, U. (2022). Dinamika Kelembagaan Pendidikan Islam (Perbandingan Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu). Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 84–94. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i2.3109.
Oktori, A. R. (2019). Urgensi Pendidikan Humanis Religius Pada Pendidikan Dasar Islam. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 179. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1216
Pewangi, M. (2016). Tantangan pendidikan Islam di era globalisasi. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–11.
Rahmawati, L., Mohamad, M., Subakti, F., & Nisak, Z. (2020). Inovasi Sistem Pendidikan Islam Pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Tarbawiyah, 04, 190–204. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i2.3037.
Rahmawati, N. A., & Supriyanto, S. (2023). Tantangan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Kontemporer Pada Era Revolusi Industri 4.0. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 34–44. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.408.
Ridwan, M., & Maryati, S. (2024). Dari Tradisi Ke Masa Depan: Tantangan Pendidikan Islam dalam Masyarakat Kontemporer. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7, 630–641. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1328.
Rusdiana A. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2014.
Rusmin B., M. (2017). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 72. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4390
Sahiba, A. (2022). Ruang Lingkup Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 2(5), 224–232. http://jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/26.
Sanga, L., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
Syafaruddin, B., Amiruddin, & Satriani. (2021). Problematika, Tantangan Dan Langkah Pembaharuan Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 1072–1082.
Syafaruddin. Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2012.
Tawabie, S. M., Hasanah, Hasanah, & Qaribilla, R. (2025). Pendidikan Agama Islam di Tengah Tantangan Sekularisasi dan Liberalisasi Pendidikan Siti Mubayanah Tawabie 1 , Hasanah 2 , Hasanah 3 , Roys Qaribilla 4. Journal Scientific of Mandalika (Jsm), 6(5), 1343–1350.
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum pendidikan Islam dan strategi pengembangannya dalam menghadapi tuntutan kompetensi masa depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1).
Wiranata, R. R. S., Maragustam, M., & Abrori, M. S. (2021). Filsafat Pragmatisme: Meninjau Ulang Inovasi Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.110-133.
Wulandari. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 54-60.
Yuli, Y., & Izhar Musyafa. (2024). Pemikiran Ibnu Sina Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 93–107. https://doi.org/10.53649/taujih.v5i1.674
Zahro, N. F. (2024). PENDIDIKAN DASAR ISLAM SEBAGAI FONDASI PEMBANGUNAN MORAL DAN SOSIAL DI ERA GLOBALISASI. 11, 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadiah Khoirunnisa Salkeri, Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.