PENDIDIKAN DASAR ISLAM: PERAN AL-QUR’AN DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK
Keywords:
Pendidikan Dasar Islam, Kecerdasan Spiritual Anak, Al-Qur’anAbstract
Pendidikan dasar Islam merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak sejak dini. Salah satu aspek penting dalam pendidikan Islam adalah pengembangan kecerdasan spiritual, yaitu kemampuan anak untuk memahami makna hidup, menginternalisasi nilai-nilai keimanan, serta menumbuhkan sikap religius yang tercermin dalam perilaku sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual peran Al-Qur’an sebagai sumber utama pendidikan Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap berbagai referensi Al-Qur’an, hadis, dan pemikiran pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa Al-Qur’an tidak hanya menjadi pedoman dalam aspek ibadah dan moral, tetapi juga membentuk struktur berpikir, kesadaran etis, dan koneksi spiritual anak terhadap Tuhannya. Pendidikan berbasis Al-Qur’an yang diterapkan dalam tahap dasar mampu membentuk kesadaran spiritual yang kuat melalui pembiasaan ibadah, pengenalan nilai tauhid, dan penciptaan lingkungan spiritual yang kondusif. Dengan demikian, penguatan pendidikan dasar Islam yang berlandaskan Al-Qur’an sangat penting dalam mencetak generasi Muslim yang berkarakter dan memiliki kecerdasan spiritual tinggi
References
Abdul Fatah Jalal, Azas-azas Pendidikan Islam, Terj. Herry Noer Ali, Bandung, CV. Dipenegoro, 1988
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., &Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Ahmad, M. A. N. (2021). Pengaruh Membaca Al-Qur’an Dan Motivasi Keluarga Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Ahmad, M. N. (2022). Pengaruh Membaca Al-Qur’An dan Motivasi Keluarga terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Hafizh Qur’An Anak Juara Bekasi. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 1-14.
Akmansyah, M. (2015). Al-Qur’an dan Al-Sunnah sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2), 127-142.
Anam, H., Yusuf, M. A., & Saada, S. (2022). Kedudukan Al-Quran dan hadis sebagai dasar pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 15-37.
Armai Arif, Pegantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002, hal. 110.
Azizah, Z., & Qomariah, E. N. (2024). Pengaruh Pendidikan Spiritual terhadap Kecintaan Anak pada Al-Qur’an di TPQ Darussalam Pojokkulon Kesamben Jombang (Doctoral dissertation, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang).
Badiah, Z. (2016). Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ) Anak dalam Perspektif Islam. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 229-254.
Badrus Zaman, (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa indonesia, Al-Ghazali: Jurnal kajian islam dan studi islam, 2.1. 16-31.
Diah Maulidiyah, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Ahmad Khotibul Umam. (2021). Peningkatan nilai spiritual anak melalui mengaji sore di desa totoran kecamatan pasekan kabupaten indramayu. Journal Islamic Pedagogia,1(2), 19–24.
Fitri, Ridho Nurul. Pengaruh pembentukan karakter dengan kecerdasan spiritual di SMA Negeri 22 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, voll 5 no 1 (2016). 109-18
Fuadah, H. L. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Dengan Metode Cerita Islami.
Hafidz, Nur, Kasmiati Kasmiati, and Raden Rachmy Diana. 2022. “Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Mengasah Kecerdasan Spiritual Anak.” Aulad: Journal on Early Childhood5(1):182–92.
M. Quraish Shihab, (2010). Membumikan Al Quran. Jakarta: Pustaka Mizan.
Muhammad Afnan dan muhammad nihwan, (2022). Studi tentang tujuan pendidikan islam menurut azyumardi azra mohammad. JPIK Jurnal pemikiran dan ilmu keislaman, 3. 367-84.
Muhammad Hidayat Ginanjar, Urgensi lingkungan pendidikan sebagai pembentukan karakter peserta didik. Edukasi Islami: Jurnal pendidikan islam. vol 2 no 4. (2017)
Muhammad Muhaimmin Azzet, Mengembangkan kecerdasan spiritual bagi anak, Yogyakarta: Kata Hati,2010, hal. 10.
Purwanti, E Y. Implementation of environmental Education value in islamic education (Analysis of tafsir Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 56-58),
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010
Rohmi Yuhani’ah. (2022). Psikologi agama dalam pembentukan jiwa agama remaja. Jurnal kajian pendidikan Islam, 1.1. 12-42.
Sukmadinata, Nana Syaoidin, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.
Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri, N. (2023). Konsep Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Sekolah Dasar. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 868-879.
Tasmara, Toto, Kecerdasan Ruhaniah (Trancendental Intelligence). Depok: Gema Insani, 2001.
Triantoro Safaria. (2007). Spiritual Intellegence Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak. Graha Ilmu.
Wibowo, Ari, dan R Arie Febrianto. Pengaruh kecerdasan spiritual dan disiplin terhadap kinerja guru di SD Al Firdaus Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika. vol 5 no 1. (2020). 23-33
Zain, S. H. W., Wilis, E., & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur'an dan Hadis. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 199-215.
Zurqoni, Z., & Musarofah, M. (2018). Penguatan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(1), 2477–2504
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azzahrah Ramaputri Tilotama, Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.