PERAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF DAN EFISIEN
Keywords:
Administrasi pendidikan, efektivitas sekolah, efisiensi, kepemimpinan, teknologi informasi, pelatihanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran administrasi pendidikan dalam menciptakan sekolah yang efektif dan efisien melalui pendekatan kajian pustaka terhadap berbagai buku dan jurnal ilmiah. Fokus kajian diarahkan pada sistem administrasi pendidikan, kontribusi kepemimpinan, tantangan implementasi teknologi informasi, serta peran pelatihan dalam penguatan kompetensi administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi pendidikan memiliki peran sentral dalam mendukung seluruh aspek manajerial sekolah, termasuk dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah yang transformatif dan adaptif berkontribusi besar dalam meningkatkan efektivitas sistem administrasi. Namun, masih terdapat kendala signifikan, terutama dalam adopsi sistem berbasis teknologi informasi akibat keterbatasan infrastruktur dan kompetensi SDM. Pelatihan dan pengembangan kompetensi terbukti menjadi solusi strategis dalam meningkatkan kinerja administrasi sekolah. Penelitian ini merekomendasikan strategi penguatan sistem administrasi berbasis teknologi, peningkatan literasi digital, serta pengembangan kebijakan yang mendorong terciptanya sistem kerja yang efektif, efisien, dan akuntabel.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhanuddin, J. (2021). “Penerapan Administrasi Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 123–135. https://doi.org/10.24042/jmpi.v9i2.3564
Depdiknas. (2008). Panduan Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dwiyogo, W. D. (2016). Kepemimpinan dan Inovasi dalam Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Hamalik, O. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanto, M. N. (2011). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, O. (2020). “Efektivitas Sistem Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah.” Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 45–60. https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.12345
Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Strategis. Jakarta: Grasindo.
Yamin, M. (2014). Manajemen Pendidikan: Strategi Mengelola Sekolah Bermutu. Jakarta: Gaung Persada Press..
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ade Wawan, Sahrodin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.