IMPLEMENTASI STRATEGI PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR) UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS SEKOLAH: SEBUAH PENDEKATAN INOVATIF DAN BERKELANJUTAN
Keywords:
Pengelolaan Sampah, Strategi Participatory Action ResearchAbstract
Pengelolaan sampah di lingkungan merupakan tantangan yang memerlukan pendekatan inovatif dan berkelanjutan. Strategi Participatory Action Research (PAR) menawarkan solusi dengan melibatkan seluruh komunitas secara aktif dalam identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tindakan pengelolaan sampah. Melalui pendekatan ini, warga dan masyarakat sekitar dapat berkolaborasi dalam kegiatan seperti daur ulang sampah menjadi kerajinan tangan, pembuatan tempat sampah dari bahan daur ulang, serta pemanfaatan sampah organik menjadi produk bernilai ekonomis. Implementasi PAR di beberapa sekolah telah menunjukkan peningkatan kesadaran lingkungan, perubahan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan, dan pengembangan kreativitas melalui pengolahan sampah. Pendekatan ini juga mendukung program-program seperti Adiwiyata dalam menciptakan sekolah hijau yang berkelanjutan. Dengan demikian, PAR menjadi strategi efektif dalam mengoptimalkan pengelolaan sampah berbasis sekolah melalui partisipasi aktif dan pemberdayaan komunitas PendidikanTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana strategi PAR dapat diimplementasikan dalam pengelolaan sampah di sekolah, serta untuk menilai dampak dari pendekatan ini terhadap perilaku siswa dan kualitas pengelolaan sampah di sekolah. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmiah dan praktis dalam pengembangan kebijakan pengelolaan sampah berbasis sekolah yang lebih efektif dan berkelanjutan, serta memperkuat peran sekolah sebagai agen perubahan dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.
References
Alfani, E. R., Rahmiati, & Putri, Y. N. (2024). Kebersihan Lingkungan dan Pemanfaatan Barang Bekas di SDN Japurabakti 1 Kabupaten Cirebon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Cirebon, 2(1), 45–56.
Ardianti, Y. R., Amizera, S., & Susanti, R. (2023). Partisipasi Peserta Didik pada Program Adiwiyata Melalui Kegiatan Pengelolaan Sampah di Sekolah. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 4(2), 133–142.
Ayuningsih, H. F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 19–26.
Brundtland, G. H. (1987). Our Common Future: Report of the World Commission on Environment and Development. Oxford University Press.
Fitriyani, R., & Amalia, N. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 112–120.
Leleu, M., Roussel, S., & Reuter, O. (2017). Education for Sustainable Development: A Holistic Approach for Future Generations. Journal of Environmental Education Research, 23(5), 607–623.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiyaningrum, P., Lisdiana, & Purwantoyo, E. (2015). Evaluasi Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata. Indonesian Journal of Conservation, 4(3), 158–165.
Zulfikar, H. A. (2021). Pengembangan Ecoliteracy Peserta Didik Aspek Kerjasama dalam Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(4), 583–594.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elda Felani, Khusnul Fitria Istiqomah, Inese Nurul Indah Sari, Risky Hidayatullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.