IMPLEMENTASI KONSEP DASAR PENDIDIKAN/TEORI PENDIDIKAN DASAR ISLAM PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Pendidikan Islam, Sains, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip dasar pendidikan Islam dalam pengajaran Sains di kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan meneliti berbagai sumber yang berkaitan dengan pendidikan dasar Islam dan pengajaran Sains. Pendidikan Islam dasar menggabungkan nilai-nilai Islam yang berasal dari Al-Qur'an dan As-Sunnah ke dalam proses belajar untuk membentuk karakter siswa yang utuh secara spiritual, sosial, dan intelektual. Dalam pengajaran Sains, konsep tauhid berperan sebagi dasar penting untuk menanamkan pemahaman bahwa ilmu pengetahuan adalah bagian dari kebesaran karya Allah SWT. Artikel ini menekankan tentang pentingnya literasi ilmiah dan pemikiran kritis dalam pengajaran Sains, serta menjelaskan bagaimana ayat-ayat Al-Qur'an dapat disatukan dalam materi IPA seperti perubahan bentuk benda dan sumber daya alam. Temuan kajian menunjukkan bahwa pengajaran Sains yang berbasis pendidikan Islam tidak hanya meningkatkan penguasaan materi, tetapi juga menumbuhkan kesadaran religius siswa terhadap keajaiban ciptaan Allah di jagat raya.
References
Amiruddin. (2018). Pendidikan Sains dalam Islam. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 60. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Bakar, O. (1995). Tauhid dan sains: Esai-esai tentang sejarah dan filsafat sains Islam. Pustaka Hidayah.
Henry, V. L. (1995). Filsafat Sain Bagian Pertama Ilmu Pengetahuan Secara Umum (Y. W. Asmin, Penerj.). PT. Kurnia Kalam Semesta.
Indra, H. (2009). Pandangan Islam tentang ilmu pengetahuan dan refleksinya terhadap aktivitas pendidikan sains di dunia Muslim. Miqot.
Istisaroh. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam. http://istisaroh409.blogspot.com/2017/01/memahami-gaya-dapat-mengubah-gerak-dan.html
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C untuk SD/MI/Program Paket A.
MS, A. (2018). Pendidikan Sains dalam Islam. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 60.
Mujib, A., & Muzakir, J. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.
Nasution, A. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Islam. Jurnal Thariqah Ilmiah, 2.
Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat: Model pembelajaran kontekstual bermuatan nilai. Rosda.
Prasetyo, S., et al. (2023). Kurikulum dan Pendidikan: Kajian Konseptual Pembelajaran Science di Madrasah Ibtidaiyah Indonesia dan Sekolah Dasar Negara Maju. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2).
Putra, P. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1).
Sari, M. (2020). Penelitian kepustakaan (Library Research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Usman. (2017). Konsep-konsep dasar pendidikan Islam terpadu. Jurnal Madania, 33–35.
Vieira, R. M. (2016). Fostering scientific literacy and critical thinking in elementary science education. International Journal of Science and Mathematics Education, 14, 659–680.
Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi keilmuan sains dan Islam dalam proses pembelajaran rumpun IPA. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), 9, 18–19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Stevani Carolina Latuheru, Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.