INTEGRASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI
Keywords:
manajemen pendidikan, pembelajaran PAI, mutu pendidikan, integrasi, pendidikan IslamAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji integrasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kajian ini dilatarbelakangi oleh masih lemahnya koordinasi antara aspek manajerial lembaga pendidikan dengan pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas, yang berdampak pada kurang optimalnya pencapaian kompetensi keagamaan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka yang dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi manajemen pendidikan—perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi—memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk sistem pembelajaran PAI yang terarah, partisipatif, dan berbasis nilai. Kebaruan artikel ini terletak pada integrasi konseptual antara manajemen pendidikan dan strategi pembelajaran PAI, yang menawarkan pendekatan holistik dalam peningkatan mutu pembelajaran berbasis karakter dan nilai Islam. Model integratif ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan Islam dalam pengembangan kebijakan dan praktik pembelajaran yang lebih efektif dan transformatif
References
Aziz, Abdul, and Supratman Zakir. “Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0.” Indonesian Research Journal on Education 2, no. 3 (July 15, 2022): 1070–77. https://doi.org/10.31004/IRJE.V2I3.123.
Imelda, Ade. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (January 5, 2018): 227–47. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V8I2.2128.
Irwanto, Irwanto, Susrianingsih Susrianingsih, Habibi Habibi, and Ardat Ardat. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah: Analisis Tentang Model Dan Implementasinya.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (June 30, 2023): 162–74. https://doi.org/10.53802/FITRAH.V4I1.396.
Machali, Imam, Dosen Fakultas, Ilmu Tarbiyah, Dan Keguruan, Uin Sunan, and Kalijaga Yogyakarta. “PENDEKATAN INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM KAJIAN MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM.” El-Tarbawi 8, no. 1 (December 31, 2015): 32–53. https://doi.org/10.20885/TARBAWI.VOL8.ISS1.ART3.
Maya, Rahendra, and Iko Lesmana. “PEMIKIRAN PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.AG. TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 02 (August 1, 2018): 291–316. https://doi.org/10.30868/IM.V1I2.281.
Nilai, Integrasi, Nilai Karakter, Ahmad Salim, Ahmad Salim Prodi, Pai Stia, and Alma Ata Yogyakarta. “Integrasi Nilai –Nilai Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.” Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (August 5, 2016): 111–33. https://doi.org/10.21927/LITERASI.2015.6(2).111-133.
“Pendidikan Agama Islam - Sujarwo, Muhamad Akip - Google Buku.” Accessed May 4, 2025. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=04TtEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA46&dq=Pendidikan+Agama+Islam+&ots=0in1t4mdKR&sig=TDLaH8vNuB-WIwpgTp_VXjWmSls&redir_esc=y#v=onepage&q=Pendidikan%20Agama%20Islam&f=false.
Santoso, Budi, Mukhlas Triono, and Zulkifli Zulkifli. “Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5, no. 1 (January 30, 2023): 54–61. https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1811.
Sumpala, Andi Tenri. “Metode Kontekstual Dalam Pembelajaran PAI.” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 3 (July 12, 2024): 457–61. https://doi.org/10.5281/ZENODO.12702562.
Yaqin Yayasan Pondok Pesantren Darul Qalam Gresik, Nurul. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam.” Madinah: Jurnal Studi Islam 3, no. 2 (December 1, 2016): 93–105. https://doi.org/10.58518/MADINAH.V3I2.178.
Yumnah, Siti. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI.” Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (January 1, 2020): 11–19. https://doi.org/10.55352/MUDIR.V2I1.17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Solehan, Dedi Lazwardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.