PENGUNAAN MODEL BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS PGRI 1 LABUHAN RATU
Keywords:
motivasi belajar, model pembelajaran role playingAbstract
Motivasi belajar siswa adalah sumber utama keberhasilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pengunaan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan interaktif di beberapa sekolah membuat siswa merasa bosan dan kurang tertantang. Pandemi yang mengakibatkan pergeseran ke pembelajaran jarak jauh juga turut memengaruhi keterlibatan siswa, karena interaksi langsung dengan guru dan teman sekelas berkurang. Akibatnya,setelah pandemi banyak siswa kehilangan semangat dan motivasi belajar, yang berdampak pada penurunan prestasi akademik serta perkembangan keterampilan sosial mereka. Model pembelajaran role playing atau bermain peran merupakan strategi yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar melalui simulasi peran. Metode ini digunakan untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dengan cara memerankan karakter, situasi, atau peristiwa tertentu.nPenelitian ini menggunakan Peneletian Tindakan Kelas (PTK). atau biasa disebutdengan istilah (classroom action research). Melalui metode bermain peran siswa dpat ikut serta atau terlibat langsung dalam proses pembelajaran secara Bersama sama tanpa terkecuali, hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan karena semua siswa terlibat langsung dalam bermain peran sehingga secara langsung maupun tidak langsung mereka akan berusaha semakin memperbaiki atau menyempurnakan peranya sebagai actor atau pemain
References
Abdullah, Ridwan Sani. Pembelajaran Bebasis HOST. (Tanggerang: Tira Smart 2019),74.
Huda, Miftahul.Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.(Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2013).209.
Iskandar, Dadang dan Narsim. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa.(Cilacap:Ihya Media.2015), 23.
Sapriyah. dkk. Konsep Dasar IPS.(Bandung: Yasindo Multi Aspek, 2008), 9.
Sapriyah, Pendidikan IPS (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2009), 19.
Selo Soemardjan. 1981. Perubahan Sosial di Yogyakarta. (Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity press 1981), 337)
Sardjiyo, dkk, Pendidikan IPS di SD (Jakarta:Universitas Terbuka,2009), 126.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu dalam teori dan praktek (Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher, 2007), 124.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Royan Rosyadi, M.Pd

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.