PERAN MANAJER PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA

Authors

  • Sairul Basri Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Putri Oktavia Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Khusnul Khotimah Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

Keywords:

manajer pendidikan, mutu pendidikan, pendidikan Islam, strategi manajemen, kepemimpinan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran manajer pendidikan dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan Islam, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas peran tersebut, serta mengidentifikasi strategi yang diterapkan dalam menghadapi tantangan peningkatan mutu pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus pada beberapa lembaga pendidikan Islam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajer pendidikan memainkan peran strategis dalam merancang visi lembaga, mengelola sumber daya, membina tenaga pendidik, serta membangun budaya kerja yang religius dan produktif. Efektivitas peran tersebut sangat dipengaruhi oleh kompetensi kepemimpinan, dukungan sumber daya, komunikasi internal, dan lingkungan organisasi. Dalam menghadapi tantangan peningkatan mutu, manajer menerapkan berbagai strategi seperti peningkatan kapasitas guru, pembaruan sistem evaluasi, penguatan nilai-nilai Islam, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan eksternal.

Kesimpulannya, manajer pendidikan merupakan aktor kunci dalam pengembangan kualitas lembaga pendidikan Islam. Keberhasilan mereka sangat bergantung pada sinergi antara kemampuan manajerial, kepemimpinan spiritual, serta dukungan sistemik dari lingkungan pendidikan. Rekomendasi penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan kepemimpinan berbasis nilai Islam dan penguatan otonomi lembaga dalam pengelolaan mutu pendidikan.

References

Abdullah, M. (2019). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arifin, I. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Bafadal, I. (2009). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Fattah, N. (2012). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fattah, N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, M. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sallis, E. (2006). Total Quality Management in Education (3rd ed.). London: Routledge Falmer.

Sergiovanni, T. J. (2007). The Principalship: A Reflective Practice Perspective (6th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Sudjana, D. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Strategis Kebijakan Pendidikan Nasional dalam Abad ke-21. Jakarta: Rineka Cipta.

Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Yusuf, M. (2018). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 89–102. https://doi.org/10.21043/jmpi.v6i2.4567

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles