KONSEP MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Iskandar Zulkarnain Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • A. Habib Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Muslihun Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

Keywords:

mutu pendidikan, manajemen pendidikan Islam, insan kamil, nilai Islam, strategi peningkatan mutu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep mutu pendidikan dalam perspektif manajemen pendidikan Islam, implementasinya di lembaga pendidikan Islam, serta tantangan dan strategi yang dihadapi dalam mewujudkan mutu pendidikan yang ideal menurut pandangan Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka (library research), yang mengkaji berbagai literatur, dokumen, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif manajemen pendidikan Islam, mutu pendidikan tidak hanya mencakup pencapaian akademik, tetapi juga mencakup dimensi spiritual, moral, dan sosial yang terintegrasi dalam pembentukan insan kamil. Manajemen pendidikan Islam berorientasi pada nilai-nilai tauhid dan etika Islami dalam setiap tahap manajemen, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implementasi manajemen Islami yang efektif terbukti mampu meningkatkan mutu lembaga pendidikan, baik secara akademik maupun karakter peserta didik.

Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan Islam dalam mewujudkan mutu, seperti keterbatasan sumber daya manusia, fasilitas, dan kurikulum yang terfragmentasi. Strategi yang dapat diterapkan meliputi peningkatan kapasitas tenaga pendidik, integrasi kurikulum umum dan agama, serta penguatan kolaborasi dengan stakeholder pendidikan. Dengan pengelolaan yang berbasis nilai Islam, mutu pendidikan dapat ditingkatkan secara holistik dan berkelanjutan

References

Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Azyumardi Azra. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas, 2002.

Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, 2014.

Hasan Langgulung. Pendidikan Islam dan Perkembangan Zaman. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1989.

Krippendorff, Klaus. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. London: SAGE Publications, 2018.

Malik, M.A. Konsep Mutu Pendidikan dalam Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2015.

Miles, M.B., dan Huberman, A.M. Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press, 1992..

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nasution, Harun. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan, 1995.

Purwanto. Manajemen Pendidikan: Analisis Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Rosyada, Dede. Pendidikan Islam dalam Era Globalisasi. Jakarta: Kencana, 2004.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page, 2002.

Sudrajat, Akhmad. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Alfabeta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Suyanto dan A. Djihad Hisyam. Refleksi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Tilaar, H.A.R. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Strategik Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Zainuddin. Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Zuhairini, et al. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles