IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Total Quality Management, pendidikan Islam, mutu pendidikan, manajemen pendidikan, budaya mutuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Total Quality Management (TQM) dalam lembaga pendidikan Islam melalui pendekatan studi kepustakaan. TQM merupakan suatu pendekatan manajerial yang berorientasi pada mutu secara menyeluruh dan berkelanjutan, dengan melibatkan seluruh komponen dalam lembaga pendidikan untuk mencapai kepuasan pelanggan, yakni peserta didik dan masyarakat. Dalam konteks pendidikan Islam, implementasi TQM mencakup perencanaan strategis, keterlibatan seluruh elemen pendidikan, evaluasi berkala, dan penguatan budaya mutu berbasis nilai-nilai Islami. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip TQM berdampak positif terhadap peningkatan mutu manajemen kelembagaan, efektivitas pembelajaran, kepuasan stakeholder, dan daya saing lembaga pendidikan Islam. Namun demikian, keberhasilan implementasi TQM dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain komitmen pimpinan, kompetensi sumber daya manusia, sistem evaluasi yang baik, serta dukungan sarana dan prasarana. Studi ini merekomendasikan pentingnya pelatihan, pendampingan manajerial, dan penguatan budaya mutu sebagai strategi untuk mengoptimalkan implementasi TQM di lembaga pendidikan Islam
References
Agustianti, Rifka, Lissiana Nussifera, L Angelianawati, Igat Meliana, Effi Alfiani Sidik, Qomarotun Nurlaila, Nicholas Simarmata, Irfan Sophan Himawan, Elvis Pawan, and Faisal Ikhram. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. TOHAR MEDIA.
Fitriyah, Lailatul. 2020. “THE IMPLEMENTATION OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT AS A SOLUTION FOR THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS IN THE ERA OF” 07 (02): 377–428.
Khasanah, Uswatun, Zulkifli Musthan, Imam Tabroni, Yonas Ferdinand Riwu, Paul Eduard Sudjiman, Lorina Siregar Sudjiman, Reni Septrisia, Tini Adiatma, and Juwita Desri Ayu. 2023. “TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN.” Penerbit Tahta Media.
Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.
Ma, D I, Mamba Ul, and Hisan Sidayu. 2020. “IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN” 2 (1): 1–12.
Mitrohardjono, Margono. 2018. “PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN PENERAPAN OPERASIONAL PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ( Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Miftahul Hudaa Depok )” 3 (1): 7–18. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.7-18.
Supriyono, Bangbang. n.d. “ةيملاسلإا ةيميلعتلا تاسسؤملا يف ةلماشلا ةدوجلا ةرادإ قيبطت” 1686.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agus Sujarwo, Ismun Ali, Agus Kenedi, Ma’rup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.