NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU MEETING MUHAMMAD KARYA NIZAR ABAZHAH DITINJAU DALAM PERSPEKTIF MULTIDISIPLINER

Authors

  • Wulan Kusuma Putri Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Muhammad Yusuf Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Dedi Setiawan Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia

Keywords:

Nilai Pendidikan Islam, Meeting Muhammad, Nizar Abazhah, Multidisipliner

Abstract

Penelitian ini mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Meeting Muhammad karya Nizar Abazhah, dengan menggunakan pendekatan multidisipliner untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang ajaran Islam. Penelitian ini menyoroti nilai-nilai keimanan, ibadah, dan akhlak yang tercermin dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW, yang tetap relevan dengan tantangan zaman modern. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan untuk menganalisis isi buku dan literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini memberikan wawasan penting mengenai integrasi nilai-nilai Islam dengan disiplin ilmu modern seperti kesehatan, psikologi, sosiologi, dan filsafat. Nilai-nilai tersebut tidak hanya bersifat spiritual tetapi juga aplikatif, menawarkan solusi untuk krisis moral, masalah sosial, dan kompleksitas kehidupan masa kini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Meeting Muhammad memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana pendidikan Islam dapat beradaptasi dengan konteks modern melalui pendekatan multidisipliner, sehingga tetap relevan dan aplikatif dalam pembentukan karakter Islami yang seimbang di dunia kontemporer.

References

Abazhah, Nizar. (2020). Meeting Muhammad. Jakarta: Turos Pustaka.

Al-Qaradawi, Yusuf. (1991). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Bandung: Mizan.

Auda, Jasser. (2008). Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law. London: International Institute of Islamic Thought.

Azis, M., & Mahfud, C. (2023). Literasi Religius dalam Pendidikan Islam: Urgensi dan Implementasi di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 55–68.

Belay, Oumer, Abdureshid, Ale. (2022). "Overnutrition and Chronic Disease Risk." Journal of Nutrition and Metabolism.

Bukhari, Imam. Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar Ibn Katsir.

Chapra, M. Umer. (2000). The Future of Economics: An Islamic Perspective. Leicester: Islamic Foundation.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT. Syamil Cipta Media.

Fitriani, N., & Haris, M. (2022). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Generasi yang Berkarakter Sosial. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(2), 122–135.

Hasan, M. (2022). Pendidikan Islam Berbasis Multidisipliner: Gagasan dan Aplikasinya dalam Kurikulum Pendidikan. Jurnal Al-Tarbiyah, 11(1), 1–12.

Hidayatullah, Furqon. (2019). "Konsep Pendekatan Multidisipliner dalam Pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).

Hood, R. W., et al. (2009). The Psychology of Religion: An Empirical Approach. New York: Guilford Press.

Kementerian Agama RI. (2022). Tafsir Al-Qur’an Tematik. Jakarta: Balitbang dan Diklat Kemenag.

Koenig, Harold G. (2001). Handbook of Religion and Health. Oxford University Press.

Maulana, R., & Siregar, R. (2022). Integrasi Ilmu dalam Pendidikan Islam: Pendekatan Interdisipliner. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 10(2), 145–160.

Muslim, Imam. Shahih Muslim. Beirut: Dar Ihya’ at-Turats al-‘Arabi.

Qomar, Mujamil. (2005). Epistemologi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rohman, F., & Hairudin, H. (2020). Urgensi Al-Qur’an dan Sunnah sebagai Sumber Hukum Islam. Jurnal Hukum Islamiyah, 15(1), 45–60.

Sari, D., & Wahyuni, I. (2021). Pendidikan Islam dalam Membangun Kepribadian Muslim Seutuhnya. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 81–95.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafei, A. (2021). Transformasi Nilai dalam Pendidikan Islam Modern. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(3), 215–230.

Wibowo, M. S., & Riyanto, R. (2023). Krisis Moral Remaja dan Relevansi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 34–48.

Wirakusumah, Arie & Sulistijani, M. (2020). "Peran Enzim dalam Pencernaan Makanan dan Aplikasinya." Jurnal Ilmu Gizi dan Pangan, 15(1).

Zainudin, M. (2020). Krisis Moral dan Pendidikan Islam sebagai Solusi. Jurnal Pendidikan dan Keagamaan, 8(1), 15–28.

Zed, M. (2004). Literature Review: Langkah-Langkah Awal Memahami Penelitian. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles