PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN EL-QURRO LAMPUNG UTARA

Authors

  • Joko Nur Ukhro Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Muhammad Yusuf Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia
  • Dedi Setiawan Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia

Keywords:

Metode Keteladanan, Pembinaan, Akhlak

Abstract

Tujuan utama pendidikan nasional adalah membentuk manusia yang berakhlak mulia, namun tantangan modern seperti pengaruh negatif media sosial membuat tujuan ini sulit tercapai. Pendidikan Islam, khususnya melalui lembaga pesantren, memiliki peran strategis dalam pembinaan akhlak, dengan meneladani Nabi Muhammad SAW sebagai figur berakhlak agung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keteladanan Kyai dalam membina akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren El-Qurro Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kyai berperan penting melalui empat aspek keteladanan, yaitu Qudwah al-Ibadah (teladan dalam ibadah), Qudwah Zuhud (kesederhanaan), Qudwah Tawadhu’ (kerendahan hati), dan Qudwah al-Karimah (akhlak mulia). Setiap aspek ini tercermin dalam perilaku Kyai sehari-hari dan memberikan pengaruh positif terhadap karakter santri. Keteladanan Kyai tidak hanya membentuk akhlak santri melalui teori, tetapi juga melalui praktik dan pembiasaan langsung dalam kehidupan sehari-hari di pesantren. Penelitian ini menegaskan bahwa peran Kyai sebagai teladan memiliki kontribusi besar dalam membentuk santri yang religius, berakhlak mulia, dan siap menjadi generasi Islami yang tangguh

References

Al-Amin, Naza. (2023). Wawancara dengan Siswa Pondok Pesantren El-Qurro. Lampung Utara.

Anwar, S. (2019). Peran Keteladanan dalam Pembentukan Karakter Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 115-127.

Ariani, D. (2020). Pengaruh Pembiasaan terhadap Karakter Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Karakter, 9(3), 112-125.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

El-Qurro Lampung Utara. (2023). "Akhlakul Karimah Pondok Pesantren El-Qurro Lampung Utara". Laporan internal Pondok Pesantren El-Qurro.

Hamid, L. (2023). Emotional Attachment and Character Education in Islamic Boarding Schools. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 101-115.

Hasan, M. (2021). Zuhud dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(1), 45-58.

Hidayah, A. (2021). Keteladanan Kyai dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Santri. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 35-47.

Hidayat, Wahyu. (2023). Wawancara dengan Kepala Sekolah MDT Pondok Pesantren El-Qurro. Lampung Utara.

Imam, B. (2023). Wawancara dengan Bapak Imam, ustadz di Pondok Pesantren El-Qurro Lampung Utara.

Jalal, Abdullah Fatah. (2021). Tujuan Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Teoretis. Jakarta: Pustaka Al-Misbah.

Jannah, R. (2020). Democratic Leadership Style of Teachers in Developing Student Potentials. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 223-236.

Kyai, A. (2023). Wawancara dengan Bapak Kyai, pendiri Pondok Pesantren El-Qurro Lampung Utara.

Maulana, A., & Fitriyah, S. (2023). Pengaruh Keteladanan Guru dalam Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Santri. Jurnal Tahfizh, 5(1), 33–45.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, R. (2020). Religious Social Character Building through Role Models in Pesantren. Jurnal Pendidikan Sosial Keagamaan, 7(1), 75–88.

Pesantren El-Qurro. (2023). Dokumentasi Kegiatan Pondok Pesantren El-Qurro. Lampung Utara.

Rachman, F. (2021). Keteladanan Hidup Sehat dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam Terpadu, 10(3), 112–123.

Rahmadi, Tono. (2023). Wawancara dengan Ustadz Pondok Pesantren El-Qurro. Lampung Utara.

Rahman, H. (2021). Komunikasi Antara Pesantren dan Orang Tua dalam Pembinaan Santri. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 22(4), 89-101.

Rahmawati, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Adab dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren. Jurnal Al-Adab, 18(2), 198–210.

Sari, F. (2019). Pengaruh Pertemuan Orang Tua dengan Pengasuh Pesantren dalam Pembinaan Akhlakul Karimah. Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial, 16(2), 144-156.

Sholihin, U. (2023). Wawancara dengan Ustadz Sholihin, pengajar di Pondok Pesantren El-Qurro Lampung Utara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryani, H. (2022). Pentingnya Keteladanan Guru dalam Membangun Budaya Saling Menghormati. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 88–97.

Ulwan, Abdullah Nashih. (2020). Tarbiyatul Aulad fil Islam. Jakarta: Pustaka Azzam.

Wahyuni, R. (2020). Relasi Harmonisasi dalam Lingkungan Pesantren dan Pengaruhnya terhadap Pembinaan Karakter Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 21(3), 102-115.

Widyawati, L. (2022). Pondok Pesantren dan Pembinaan Akhlakul Karimah: Studi Kasus di Pesantren El-Qurro Lampung Utara. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 18(1), 67-79.

Yusri, M., & Hidayat, I. (2022). Pembiasaan Akhlak al-Karimah Melalui Program Harian di Pesantren. Jurnal Ilmu Keislaman, 15(2), 170–183.

Yusuf, B. (2023). Wawancara dengan Bapak Yusuf, guru di Pondok Pesantren El-Qurro Lampung Utara.

Zubaedi. (2022). Karakter dan Keteladanan dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles