PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER MULIA PADA GENERASI MUDA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 GEDUNG MENENG)
Keywords:
Peran Guru, Karakter Mulia, Pendidikan Agama Islam, Generasi MudaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter mulia pada siswa di SMA Negeri 1 Gedung Meneng Tulang Bawang Lampung. Pendidikan agama di sekolah memegang peranan penting dalam membentuk karakter religius siswa, dengan melibatkan nilai-nilai agama yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan guru PAI, siswa, dan pihak terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI di SMA N 1 Gedung Meneng sangat signifikan dalam membentuk karakter siswa. Guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai motivator, fasilitator, pembimbing, dan pemberi inspirasi. Pembiasaan nilai-nilai agama seperti shalat berjamaah, membaca Al-Qur'an, serta kegiatan sosial seperti infaq dan sedekah berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter religius siswa. Selain itu, pembimbingan yang diberikan guru melalui motivasi dan pembiasaan sikap positif, seperti menghormati orang tua dan guru, juga berperan besar dalam membentuk siswa yang berbudi pekerti luhur dan taat beragama. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan agama yang berkelanjutan efektif dalam membentuk siswa yang memiliki karakter kuat dan siap berkontribusi dalam masyarakat.
References
Darajat, Zakiyah. (2021). Pendidikan Agama Islam di Sekolah: Konsep dan Implementasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hasan, Muhammad. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Kholifah, A. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Tantangan Perilaku Generasi Muda. Yogyakarta: Lembaga Pengembangan Ilmu dan Teknologi.
Suryani, Nur. (2020). Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi: Menjawab Tantangan Pendidikan Karakter. Malang: UMM Press.
Abdullah, M. Amin. (2018). Pendidikan Karakter dalam Islam: Teori dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Azis, Muhamad. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: LKiS.
Bustan, Ismail. (2017). Guru dan Pembentukan Karakter Bangsa: Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Nugroho, R. S. (2020). Pendidikan Islam dan Karakter Bangsa: Sebuah Refleksi Pendidikan Nasional. Surabaya: Al-Ikhlas Press.
Rahardjo, Taufiq. (2019). Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah. Bandung: Pustaka Hidayah.
Azis, Muhamad. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: LKiS.
Bustan, Ismail. (2017). Guru dan Pembentukan Karakter Bangsa: Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Darajat, Zakiyah. (2018). Pendidikan Karakter dalam Islam: Teori dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nugroho, R. S. (2020). Pendidikan Islam dan Karakter Bangsa: Sebuah Refleksi Pendidikan Nasional. Surabaya: Al-Ikhlas Press.
Azis, Muhamad. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: LKiS.
Darajat, Zakiyah. (2018). Pendidikan Karakter dalam Islam: Teori dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mansur, M. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Nugroho, R. S. (2020). Pendidikan Islam dan Karakter Bangsa: Sebuah Refleksi Pendidikan Nasional. Surabaya: Al-Ikhlas Press.
Sari, N. (2019). Guru sebagai Pembentuk Karakter Mulia dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Angger Kurniawan, Jaenullah, Siti Roudlotul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.