PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SD IT CAHAYA PERMATA PURBOLINGGO

Authors

  • Nuryanto, S.Ag., M.Pd.I Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Metro, Indonesia
  • Hana Setiana Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Metro, Indonesia

Keywords:

Alat peraga, minat belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SD IT Cahaya Permata khususnya kelas V. Berdasarkan permasalahan hasil belajar siswa yang relatif rendah. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang merasa bosan pada saat proses pembelajaran dan pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru. Selain itu, saat pembelajaran berlangsung, kondisi kelas tidak kondusif. Maka peneliti mengangkat judul yaitu Pengaruh Alat Peraga Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD IT Cahaya Permata Purbolinggo. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest) kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan uji T karena data berdistribusi normal dan dilanjutkan dengan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil perhitungan menggunakan uji -T dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan skor antara hasil pretest dan posttest sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa kelas V SD IT Cahaya Permata Purbolinggo. , sehingga alat peraga ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran dengan tepat.

References

Anantiar Putri Minarto. “Wawancara Dengan Siswa Kelas V” SD IT Purbolingo Lampung Timur. 2023.

Ahmad, Susanto. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. 2016.

Aunurrahman. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

Dimyati & Mulyono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Fatkhuriza Abdulmanaf Alfurqon. “Efektivitas Pembelajaran Berbantuan Video Game Visual Novel Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik,” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2017.

Huda Hinggo Sapriki. "Wawancara Dengan Wali Kelas V" SD IT Cahaya Permata Purbolinggo, Lampung Timur, 2023.

Istarani. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada, 2016.

Luthfi Anarani Fauziyyah. “Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV". Sekolah Dasar Negeri 2 Pulung Raya Natar Lampung Selatan, 2016.

Martua Manullang. “Manajemen Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2020.

Muhammad Irham dan Novan Ardy Wiyani. Psikologi Pendidikan (Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1989.

Rohmalina Wahab. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Sari, Wahyuni, & Rosmaiyadi. “Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Merangin.” 2017.

Siti Annisah. “Pembelajaran Matematika Di MI/SD.” Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro, 11 Nomor 1 (2014).

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Suhartini. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga (Garis Bilangan) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di MI Nurul Qomar Palembang,” 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: 2019.

Suryabrata, S. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Suyono dan Hariyanto. Implementasi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Teguh Triwiyanto. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Utari Oktavian. “Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Tonjong.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1 (2020).

Wibowo, A. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis Dan Minat Belajar.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2017.

Yosi Lisnasari. “Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD N Jayaguna,” 2019.

Yusmaniar, Y. “Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Operasi Hitung.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2017

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles